Partai Republik Usung Tommy ke Pemilu 2014?

Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto)
Sumber :
  • VIVAnews/Mohamad Teguh

VIVAnews - Putra bungsu mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto, mendirikan Partai Nasional Republik. Akankah partai ini menjadi kendaraan bagi Tommy untuk memasuki bursa calon presiden pada Pemilu 2014?

Salah satu inisiator Partai Nasional Republik, Edy Waluyo menegaskan bahwa partainya belum memikirkan kandidat yang akan diajukan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu 2014. Sebab semua sumber daya fokus pada pembentukan dan membesarkan  partai ini.

"Untuk calon presiden 2014 belum ada, sementara kami masih fokus pada pembentukan partai. Kami sedang menggalang di 33 provinsi dulu" kata Edy saat dihubungi VIVAnews, Minggu, 1 Mei 2011.

Edy menambahkan, yang menjadi target Partai Nasional Republik sementara ini adalah memenangi pemilu legislatif. "Jadi target kami, sementara memenangkan pemilihan partai dulu, baru setelah itu kami tentukan siapa yang akan maju di Pilpres 2014," ujarnya.

Partai Nasional Republik yang telah didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ini akan dideklarasikan Agustus mendatang. Sejumlah kalangan menyebutkan bahwa partai ini akan mengusung Tomy Soeharto, putra mantan Presiden Soeharto, merebut kursi presiden.

Di Partai Nasional Republik, Tommy masuk dalam jajaran dewan pendiri. Tommy dan sejumlah kawannya menggagas partai tersebut setelah tumbang dalam perebutan kursi ketua umum Partai Golkar beberapa waktu lalu.