Tak di Rumah, Marwan Belum Bisa Dikonfirmasi

Marwan Ja'far (PKB) dan bukunya "Ahlussunnah Wal Jamaah"
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR, Marwan Ja'far, sedang jadi bahan pergunjingan. Gara-gara kolom opini berjudul "Pengelolaan Energi Libya Pasca-Qadhafi" di Koran Tempo edisi Jumat 13 Januari 2012.

Ia dituduh memplagiat dua tulisan milik Jusman Dalle, seorang aktivis mahasiswa. Jusman mempermasalahkan tulisan itu di akun Twitter-nya, @jusdalle.

Sementara ini, tuduhan itu masih sepihak. Marwan belum juga dapat dimintai klarifikasinya. Berkali-kali ditelepon VIVAnews, dia belum merespon. Pesan singkat yang dikirimkan sudah terkirim, namun juga belum dibalas Marwan.

Ketika didatangi ke rumahnya, penjaga rumahnya bernama Tono mengatakan Marwan sedang ke luar rumah. "Wah baru saja keluar, nggak tahu ke mana," kata Tono ketika ditemui VIVAnews.com di rumah Marwan.

Tono juga mengatakan, sejak siang Marwan lebih banyak di rumah, namun sesekali pergi ke luar hanya sebentar. "Tadi siang di rumah, tapi pergi sebentar nggak tahu ke mana," kata dia.

Sementara rumah mewah bertingkat dua itu tampak sepi. Pagar setinggi kira-kira satu setengah meter yang terbuat dari kayu itu juga selalu tampak tertutup. Satu mobil Xenia hitam tampak terparkir di depan rumahnya, sementara satu mobil Toyota Fortuner warna putih tampak terparkir di dalam garasi.

Marwan, kata Tono, pergi mengendarai mobil Vellfire warna hitam dengan seorang sopir.

Sebelumnya, Jusman yang juga aktif di Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), menyatakan akan menuntut Marwan membuat pengakuan telah melakukan plagiarisme. Dia juga berencana akan mengadukannya ke Badan Kehormatan DPR. "Juga akan mengirim surat ke Koran Tempo, meminta klarifikasi," katanya. Baca selengkapnya di sini. (umi)