Cuaca Ekstrem Berpotensi Hambat Pilkada Kalteng Hari Ini

Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Muhammad Arif Pribadi.

VIVA.co.id - Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) hari ini akan menyelenggarakan pilkada setelah tertunda pada 9 Desember 2015. Kalteng merupakan daerah kedua yang melaksanakan pilkada susulan setelah Kabupaten Fakfak pada 17 Januari 2016.

"Kan ada informasi perihal cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di perbatasan Kalteng dan Kalimantan Selatan. Jadi, semoga cuaca mendukung. Sampai pagi ini belum masuk info terkait partisipasi," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Rizky Kurniansyah kepada VIVA.co.id saat ditanyakan potensi hambatan pilkada, Rabu 27 Januari 2016.

Dia mengatakan, ketua KPU juga turun langsung ke daerah tersebut. Oleh karena itu, diharapkan tidak ada hambatan yang berarti.

"Harapannya pilkada berjalan lancar, demokratis, luber, dan jurdil. Kami berharap, pemilih yang sudah mendapat surat pemberitahuan untuk datang ke TPS-TPS menggunakan hak pilihnya," kata Ferry.

Kondisi cuaca itu, menurut dia, layak diantisipasi, sehingga tak menghambat partisipasi dan proses pelaksanaan di semua TPS. Dalam pilkada ini ada dua pasangan calon yang akan bertarung, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sugianto-Habib Ismail dan pasangan calon Willy-Wahyudi.

Jumlah pemilih di Kalteng dicatat 38.843 orang.
 
Pilkada Kalteng sebelumnya terpaksa ditunda menyusul adanya putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang mengabulkan gugatan pasangan calon Ujang Iskandar-Jawawi dengan nomor perkara 29/G/Pilkada/2015/PTTUN.JKT.

Namun, pada akhirnya, harapan pasangan calon Ujang Iskandar-Jawawi turut dalam Pilkada Kalteng pupus setelah Mahkamah Agung (MA) memenangkan kasasi KPU atas putusan PTTUN Jakarta. Pilkada kemudian digelar hari ini.