Setya Novanto Turut Hadiri Pelantikan Anies-Sandi

Ketua DPR Setya Novanto (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Ketua DPR Setya Novanto termasuk satu dari deretan para pejabat negara yang turut hadir dalam pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara, Senin, 16 Oktober 2017. Novanto tampak mengenakan jas dan peci warna hitam.

Beberapa saat setelah Anies-Sandi resmi dilantik Presiden Jokowi, Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu kemudian menyalami keduanya. Setelah itu terlihat Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Lalu para anggota Kabinet Kerja seperti Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu, tampak pula Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono beserta Sylviana Murni, lalu anggota DPRD DKI Jakarta yang juga politisi Partai Persatuan Pembangunan Abraham Lunggana alias Haji Lulung dan lain-lain.

Beberapa waktu sebelumnya, Novanto menderita sejumlah penyakit dan menyebabkannya harus dirawat di rumah sakit. Kondisi itu membuatnya tidak bisa menjalani proses penyidikan kasus e-KTP di KPK, dan juga praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kondisi kesehatan Novanto kemudian membaik setelah putusan praperadilan yang memenangkannya keluar. Dia pun bisa menjalankan berbagai aktivitas baik dalam kapasitas sebagai Ketua DPR maupun Ketua Umum Partai Golkar.