BTN Pastikan Ajang Lari Menuju Kematian Hoax

Poster lari marathon bertuliskan 'UGM BTN Death Marathon' hoax
Sumber :
  • BTN e-Channels

VIVA – Bank Tabungan Negara melalui twitter resmi mereka BTN e-Channels memastikan bahwa informasi mengenai ajang lari marathon dengan tajuk UGM BTN Death Marathon merupakan berita bohong. Dalam penjelasannya, BTN menegaskan tidak pernah menyelenggarakan maupun mendukung kegiatan tersebut.

"Halo Sobat BTN, menanggapi beredarnya poster kegiatan 'UGM BTN Death Marathon 1000K' bahwa Bank BTN tidak pernah menyelenggarakan maupun mendukung kegiatan tersebut," seperti informasi yang disampaikan dalam BTN e-Channels, Kamis 25 Juli 2019.

Guna mengklarifikasi berita bohong atau hoax itu, Corporate Secretary PT Bang Tabungan Negara (Persero) Tbk, menyampaikan bahwa Bank BTN tidak bertanggung jawab terhadap segara konsekuensi pengumuman poster tersebut.

"Menindaklanjuti beredarnya lari marathon 'UGM BTN Death Marathon 1000K', perlu kami jelaskan bahwa Bank BTN tidak pernah menyelenggarakan kegiatan tersebut atau berpartisipasi dalam bentuk sponsorship maupun maupun bentuk dukungan lain. Dengan demikian, Bank BTN Bank BTN tidak bertanggung jawab terhadap segara konsekuensi pengumuman poster tersebut. Terima Kasih," demikian penjelasan yang diunggap BTN e-Channels.

Seperti diketahui, poster lari marathon itu tersebar dengan tagline 'Lari Menuju Kematian'. Poster itu sudah beredar luas di media sosial. Dalam poster tersebut tertulis start ajang lari ini dimulai dari Tugu Tani dan akan finish di Alun-alun Nganjuk.

Jarak tempuh larinya memang tidak kira-kira, mencapai 1.000 kilometer. Sedangkan untuk waktu penyelenggaraan tertulis 1 hingga 30 Agustus 2019. Poster dengan latar belakang berwarna putih itu juga mencantumkan logo Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Menanggapi beredarnya poster tersebut, Kabag Humas dan Protokoler UGM, Iva Ariani, membantah dengan tegas jika poster 'Lari Menuju Kematian' diselenggarakan oleh UGM. Dia juga menyebut jika UGM tidak pernah membuat acara dengan tajuk 'Lari Menuju Kematian' tersebut.

"Kami sampaikan Universitas Gadjah Mada tidak pernah menyelenggarakan kegiatan tersebut," ujar Iva, Kamis, 25 Juli 2019.

Iva menjabarkan kegiatan 'Lari Menuju Kematian' jelas tidak ada keterkaitan dengan UGM. Siapa penyelenggaran kegiatan itu, Iva tidak mengetahui secara pasti.

Hingga kini memang belum diketahui secara jelas siapa yang menyebarkan informasi yang tidak jelas atau bahkan dipastikan bohong atau hoax. Selain itu, belum diketahui juga apa motif dari orang menyebarkan informasi bohong ini.