Pertamina Ajak 800 UMK Naik Kelas, Begini Caranya

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama pelaku UMKM.
Sumber :
  • Dok. Pertamina.

Jakarta – Pertamina punya cara mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas secara intensif, sekaligus dengan mengembangkan konsep kolaborasi. Bersama Markplus, Pertamina memulai mendorong akselerasi 800 UMK dengan menggelar Kick Off UMK Academy dan Pertapreneur Aggregator 2023.

Lewat UMK Academy yang sudah diselenggarakan selama 4 kali ini, para pelaku UMK tidak dipaksa untuk naik kelas, namun mampu menguasai persaingan di posisinya saat ini. Sementara itu, Pertapreneur Agregator untuk tahun keduanya bertajuk 'Sinergi Kreativitas UMK Dalam Mengelola Peluang' menantang para pelaku UMK menggunakan kreativitasnya dalam melihat dan memanfaatkan peluang bisnis khususnya dari sisi kolaborasi antar UMK. Pertapreneur aggregator adalah UMK binaan yang diharapkan menjadi penggerak bagi UMK lainnya. 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan bahwa sejak program UMK Academy ini digulirkan pada 2020 lalu, telah mencetak lebih dari 1200 UMK yang kini sukses menjawab tantangan persaingan bisnis di tingkat lokal hingga global. 

Selain itu, pengusaha perempuan, dan pengusaha millenial pun ditegaskan punya peluang yang sama hingga nantinya akan melahirkan para Aggregator UMK yang dapat membangun jejaring kolaborasi antar pengusaha agar dapat maju bersama.

"Kami percaya kolaborasi seperti ini adalah kunci dalam membangun ekosistem yang kuat dan berkelanjutan bagi para pelaku UMK," jelas Nicke dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu, 9 Juli 2023.
 

Ilustrasi produk UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Pertamina, lanjutnya, juga berkolaborasi dengan Kemenparekraf sebagai upaya nyata dalam pembinaan UMK dengan dilaksanakannya pengembangan UMKM di daerah pariwisata atau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sejak tahun 2022. Berbagai peningkatan kapasitas UMK dalam bentuk rangka temu bisnis dengan Hotel, Restaurant, dan Kafe (Horeka). 

"Secara tidak langsung majunya daerah pariwisata di DPSP akan berdampak positif terhadap UMK, tentu saja kolaborasi yang berjalan dengan baik ini sebagai strategi meningkatkan kapasitas umkm agar mempersiapkan diri menghadapi persaingan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya.

Program ini akan dilaksanakan selama 5 bulan ke depan, di mana peserta akan dikelompokkan berdasarkan kondisi usahanya. Yakni kelas Go Modern ditujukan bagi para pelaku UMK yang berfokus pada peningkatan kualitas produk dan pemasarannya. 

Kemudian kelas Go Digital dan Go Online ditujukan untuk para UMKyang berfokus pada perluasan akses pasar dengan menggunakan online platform. Serta kelas Go Global ditujukan bagi UMK yang benar-benar siap mengisi pasar dunia melalui kegiatan ekspor. Selain itu peserta juga memiliki banyak kesempatan untuk bersinergi dan mendapatkan fasilitas pendukung bisnis lainnya.

Melalui UMK Academy dan Pertapreneur Aggregator diharapkan dapat mencetak UMKM naik kelas, dan  terpacu untuk meningkatkan produktivitas, dan mengeksplorasi ide-ide baru, menciptakan inovasi untuk tetap kompetitif, serta meningkatkan kecintaan masyarakat pada produk-produk dalam negeri

Kegiatan pembinaan UMK melalui program UMK Academy dan Pertapreneur Aggregator ini merupakan bentuk dukungan dalam Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang juga menjadi bagian dari environment, social and governance (ESG).

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan, UMK Academy merupakan program Pembinaan UMK yang dilakukan secara terstruktur, berjenjang, dan terintegrasi sesuai dengan kebutuhan dan harapan para Mitra Binaan. 

Pembinaan UMK juga menyesuaikan dengan tren dan tantangan pasar sesuai komitmen perusahaan untuk mendukung pengembangan UMK yang berkelanjutan sehingga dapat membantu pengembangan UMK secara optimal.

“Kami berharap seluruh UMK dapat menjadi lulusan terbaik di bidangnya masing-masing, terus kreatif dan inovatif serta harus bisa memadukan kebutuhan antara supply dengan demand, dan bagaimana kita bisa melihat potensi market, bahkan kita harus bisa menjadi trend maker,” tutur Fadjar.

Fadjar menambahkan, para pelaku UMK harus mengimbangi inovasi serta inisiatif untuk memupuk kepedulian terhadap lingkungan. 

"Salah satu wujud nyata yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMK untuk berperilaku ramah lingkungan yakni memperhatikan kemasan produk yang digunakan, serta pengaruh yang ditimbulkan terhadap lingkungan," ujarya.