Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

10 Dampak Negatif dari Sosial Media

Jumat, 26 Maret 2021 | 14:54 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Penggunaan media sosial

VIVA – Sosial media diciptakan dengan maksud baik yaitu untuk sarana berkomunikasi dengan seseorang. Entah itu orang yang dikenal namun sudah terpisah oleh jarak atau juga orang yang benar-benar baru. Sosial media ini tak kenal yang namanya jarak dan waktu, penggunannya bisa bebas menggunakan sosial media dan berinteraksi dengan semua orang.

Terkesan baik, ternyata sosial media juga bisa membawa dampak negatif bagi orang-orang yang terlalu sering menggunakan sosial media. Mereka yang masih muda juga cukup rentan untuk menerima dampak buruk ini apabila tidak mendapatkan arahan dari orang tua atau tidak bijak dalam menggunakan sosial media. Berikut sejumlah dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari sosial media.

Baca Juga

10. Minder Dengan Fisik

Standard kecantikan setiap orang pastinya berbeda-beda. Karena di sosial media kita bisa bertemu dengan banyak orang, maka kita bisa mendapatkan informasi mengenai seperti apa sih standard kecantikan dari setiap orang dari negara yang berbeda. Bagus jika seandainya kita bisa mengambil segi positif bahwa setiap orang itu unik. Tapi bagi mereka yang tidak, orang-orang seperti ini yang bisa menjadi tidak percaya diri akan fisiknya.

Melihat foto model terkenal misalnya, banyak orang menjadi tergila-gila ingin memiliki bentuk tubuh seperti model. Langsing, tinggi, seksi, berisi, berotot, dan lain sebagainya. Karena terlalu terobsesi dengan hal seperti demikian banyak orang melakukan hal ekstrim untuk mencapai target. Padahal belum tentu juga cara yang dilakukan benar. Apalagi ditambah bahwa foto dari model tersebut pastinya sudah diambil dari angle yang pas dan sudah melalui yang namanya proses editing.

9. Penipuan

Orang dengan niat yang tidak baik itu pasti ada dan kita tidak tahu kapan dan dimana bisa bertemu dengan mereka. Maka dari itu kita harus selalu berhati-hati ketika bertemu dengan seseorang yang baru dikenal dan juga yang sudah dikenal. Di sosial media juga kita harus menerapkan prinsip hati-hati karena disini kita bisa berkenalan dan bertemu dengan banyak orang dimana memperbesar kemungkinan terjadinya tindak kejahatan.

Para pelaku kejahatan yang beraksi di sosial media tidak pernah berpikir siapa yang akan mereka jadikan korban. Selama ada kesempatan, mereka pasti akan memanfaatkannya. Dari yang masih muda sampai dewasa sudah banyak yang menjadi korban para penipu. Para penipu ini memiliki segudang cara untuk mengelabui korbannya. Tips bagi pengguna sosial media untuk selalu berhati-hati dan jangan pernah membagikan informasi penting ke sembarangan orang.

8. Penyebaran Hoax

Sosial media bukan cuma menjadi media untuk berkenalan dengan orang baru saja. Sejumlah orang ada yang memanfaatkannya untuk membagikan informasi. Permasalahannya, informasi yang dibagikan tersebut apakah benar atau palsu? Kalau zaman dulu dimana berita dibagikan melalui koran, bisa diyakini bahwa berita tersebut telah melalui serangkaian tahapan sebelum dirilis agar memastikan berita yang dibagikan benar dan bermanfaat.

Di sosial media, orang awam bisa dengan mudahnya menekan tombol share mengenai informasi yang dibaca tanpa melakukan cek terlebih dahulu apakah berita tersebut benar atau hoax. Tidak sedikit orang yang menjadi penyebar berita hoax dan termakan akan berita tersebut. Jika kita menemukan berita yang sekiranya penting, lakukan cek lebih mendalam mengenai kebenaran berita tersebut. Jangan sampai kita termakan hoax apalagi menyebarkannya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler