Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

10 Burung yang Tidak Bisa Terbang

Kamis, 22 April 2021 | 18:40 WIB
Oleh :
Foto :
  • 10000birds.com
Burung merpati/Ilustrasi.

VIVA –  Jika ditanya hewan apa yang bisa terbang, dengan kompak pasti akan menjawab burung. Burung memang dikenal sebagai salah satu hewan yang bisa terbang di angkasa. Namun tidak semua jenis burung memiliki kemampuan terbang.

Ada banyak yang ternyata tidak bisa terbang dan menghabiskan waktunya kalau tidak di darat ya di air. Ada 10 jenis burung yang diketahui tidak memiliki kemampuan terbang dan kami akan menjelaskannya di bawah ini.

Baca Juga

10. Flightless Cormorant

Flightless cormorant memiliki nama lain galapagos cormorant. Sesuai dengan pulau tempat mereka ditemukan. Cukup jarang bisa ditemukan hewan di Galapagos termasuk burung satu ini. Bahkan flightless cormorant menjadi satu-satunya cormorant yang ditemukan di Galapagos dan tentunya tak memiliki kemampuan terbang.

Flightless cormorant tetap memiliki sayap layaknya burung. Namun sayap mereka hanya berukuran sepertiga dari ukuran tubuhnya. Membuat mereka sangat tidak proporsional untuk bisa mengangkat tubuh mereka yang besar. Otot yang mendukung untuk burung bisa terbang juga sangat sedikit dimiliki oleh flightless cormorant. Termasuk hewan yang terancam punah karena populasi mereka yang sekarang hanya berjumlah sekitar 1500 ekor.

9. Inaccessible Island Rail

Dengan ukuran tubuh yang berkisar 13 sampai 15 cm, menjadikan Inaccessible Island Rail termasuk dalam burung terkecil yang tak bisa terbang. Diberi nama demikian karena burung ini endemik di Inaccessible Island yang ada ti Tristan archipelago di wilayah isolasi Atlantik Selatan. Memiliki nama lain Atlantisia rogersi.

Orang yang pertama kali menemukan spesies burung ini adalah Henry Martyn Rogers. Tak ditemukan predator alami dari burung ini. Meski begitu, jumlah mereka diketahui hanya sekitar 8400 ekor. Pulau tempat tinggal mereka yang kecil dan terisolasi menjadi alasan kenapa jumlah mereka yang sedikit.

8. Takahe

Takahe memiliki nama lain South Island Takahe atau notornis. Termasuk dalam burung dengan berukurang sedang yang bisa ditemukan di New Zealand. Definisi bisa ditemukan bukan berarti kalian bisa dengan mudah menemukan takahe. Takahe jumlahnya sangat sedikit dan sangat jago dalam hal bersembunyi.

Sebenarnya takahe sudah dikatakan punah pada akhir tahun 1800an. Namun secara mengejutkan, takahe berhasil tampak pada tahun 1948. Takahe memiliki warna biru-hijau-merah. Dibandingkan burung lain, takahe tergolong burung yang memiliki umur panjang. Takahe diketahui bisa hidup hingga 20 tahun lamanya.

7. Kakapo

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler