Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Mendebat Sang Guru Masalah Rezeki, Inilah Kisah Imam Syafi’i dan Imam Malik

Selasa, 2 Maret 2021 | 09:15 WIB
Oleh :
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi (Foto: Internet)

VIVA – Bagi kita umat Islam yang manganut 4 Madzhab pasti sudah mengenal dua nama Imam dalam kisah kali ini, nama Imam tersebut ialah Imam Malik dan Imam Syafi’i. Imam malik merupakan guru dari Imam Syafi’i, Keduanya adalah ulama fiqih besar yang sangat berjasa dalam perkembangan agama Islam di seluruh penjuru dunia.

Imam Malik dan Imam Syafi’I sangat akrab. Layaknya guru dan murid mereka kerap duduk bersama, tidak jarang keduanya berdebat tentang sebuah ilmu.

Baca Juga

Pada suatu hari, Imam Malik dan Imam Syafi’i berada dalam satu majelis ilmu. Pada kesempatan tersebut Imam Malik menerangkan bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah, Bisa datang tanpa sebab dan manusia cukup bertawakal dengan benar, maka Allah akan memberikannya rezeki.

Imam Malik berkata, “Lakukanlah yang menjadi bagianmu, selanjutnya biar Allah mengurus lainnya.” Apa yang diterangkan oleh Imam Malik tersebut beliau menukil sebuah hadis dari Rasulullah SAW yang artinya: “Andai kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal, niscaya Allah akan berikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada burung yang pergi dalam keadaan lapar lalu pulang dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad).

Mendengar apa yang diterangkatan oleh sang guru, Imam Syafi’i langsung menyampaikan pendapat yang mana pendapat tersebut berseberangan dengan yang disampaikan oleh sang guru. Beliau berpendapat bahwa rezeki tentu harus dicari sebagaimana burung tadi yang harus keluar dari sarangnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler