Banding Sudah Ditolak, PSSI Ingin Timnas Indonesia Vs UEA Ada Penonton

Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurnawan

VIVA – PSSI terus berupaya agar laga kandang terakhir Timnas Indonesia di Piala Dunia 2022 Zona Asia bisa digelar dengan penonoton. Sebagai salah satu caranya adalah memindahkan lokasi pertandingan ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali.

Adapun laga kandang pamungkas Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yaitu melawan Uni Emirat Arab. Duel tersebut dijadwalkan pada 31 Maret 2020 mendatang.

(Baca juga: Shin Tae-yong Ngamuk Timnas Indonesia Dibantai Persita?)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pemilihan Bali sebagai lokasi pertandingan juga merupakan permintaan UEA. Oleh karena itu, ia berharap FIFA bisa melunak dan mempertimbangkan kembali hukuman kepada PSSI.

Terlebih, di Bali kondisinya menurut Iriawan relatif lebih aman. "Ada permintaan dari mereka (UEA) main di Bali. Kami ingin UEA tahu Bali. Mudah-mudahan karena di Bali, FIFA mengizinkan dengan penonton," kata Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan.



Sebelumnya, FIFA telah menjatuhkan sanksi kepada Indonesia untuk menggelar pertandingan kandang tanpa penonton. Hukuman ini buntut dari kericuhan saat suporter Indonesia melawat ke Stadion Bukit Jalil, Malaysia, 19 November 2019 lalu.

Ketika itu suporter Indonesia terlibat kericuhan dengan tuan rumah. Alhasil FIFA menjatuhkan sanksi bertanding tanpa penonton ditambah denda sebesar Rp2,8 miliar. PSSI telah beberapa kali berkirim surat untuk melakukan banding. Akan tetapi, usaha PSSI selalu ditolak FIFA.

"Sudah ajukan banding tapi ditolak. Saya mohon untuk suporter melihat sanksi ini berimbas kepada PSSI. Kalau denda insya Allah bisa dibayar cicil. Tapi, kalau tanpa penonton ini, kan sayang. Timnas butuh dukungan suporter," ucapnya.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indoneia hancur lebur. Berada di Grup G bersama UEA, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, armada Merah Putih tak berdaya.

Dari lima laga yang telah dijalani, mereka selalu kalah. Hasil minor itu membuat Indonesia berada di posisi paling bawah klasemen tanpa meraih satu poin pun.

Sebelum melawan UEA, Indonesia telebih dulu akan bertandang ke Stadion Rajamangala, Bangkok, untuk menghadapi tuan rumah Thailand pada 26 Maret 2020.