Usai Dilantik KONI, Tugas Berat Sudah Menanti PSSI

Pelantikan pengurus PSSI di Kantor KONI
Sumber :
  • VIVA / Zulfikar Husein

VIVA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) resmi melantik kepengurusan PSSI periode 2019-2023. Pelantikan ini digelar di Gedung KONI Pusat, Jakara, Senin 24 Februari 2020.

Pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah yang diikuti oleh semua pengurus PSSi yang hadir. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian bendera dari Ketua Umum KONI, Marciano Norman kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

Dalam sambutannya, Marciano mengatakan bahwa tugas berat sudah menanti PSSI. Ia pun meminta, agar komunikasi dan koordinasi PSSI di bawah kepemimpinan pria yang akrab disapa Iwan Bule itu bisa jauh lebih baik dari waktu sebelumnya.

"Saya memandang PSSI memiliki tugas yang sangat berat karena masyarakat Indonesia sangat cinta sepakbola. Saya punya harapan agar prestasi sepakbola Indonesia ke depan akan semakin baik," kata Marciano. 

"Kita semua tahu bahwa yang paling bekerja keras untuk meningkatkan prestasi olahraga itu adalah pengurus cabang olahraga itu sendiri. Kami hanya memberikan pendampingan dan tetap memberikan masukan kepada PSSI baik dari sisi pelatihan, kompetisi dan pembinaan organisasi," ucapnya. 

Sementara itu, Iwan Bule menyatakan, siap untuk menjalankan segala rekomendasi dari KONI. Menurutnya, sinergi antara PSSI dan KONI sangat dibutuhkan untuk memajukan sepakbola Indonesia. 

"Sudah banyak yang disampaikan KONI kepada kami dan kami akan berusaha membangun sepakbola Indonesia lebih maju. Jadi, saya mohon arahan dan masukan dari Ketua Umum KONI," ujar Iwan Bule.

Lebih lanjut, Iwan Bule juga menyampaikan susunan pengurus PSSI 2019-2023. Namun, ia belum menetapkan siapa-siapa saja yang bakal mengisi jajaran komite tetap di kepengurusan PSSI. 

"Komite tetap sudah ada karena komite tetap kan dari exco (Komite Eksekutif). Jadi, semuanya sudah hingga ke bawahnya. tapi yang dilantik di sini hanya exco dan badan yudisial. 

Berikut susunan pengurus PSSI periode 2019-2023:

Komite Eksekutif PSSI
1. Ketua Umum : 
Mochamad Iriawan
2. Wakil Ketua Umum: 
Cucu Somantri
Iwan Budianto
3. Anggota:
Yunus Nusi
Ahmad Riyadh
Juni A. Rachman
Sonhadji
Hasani Abdulghani
Vivin Cahyani
Endri Erawan
Pieter Tanuri
A.S Sukawijaya
Dirk Soplanit
Haruna Soemitro
Hasnuryadi Sulaiman

Komite Disiplin
Ketua : Erwin TPL Tobing
Wakil Ketua : Eko Hendro
Anggota : Kairul Anwar, Umar Husein, Aji Ridwan Mas

Komite Banding
Ketua : Triana Dewi Seroja
Wakil ketua : Isaac Marcus
Anggota : I Gde Pasek

Komite Etik
Ketua : Bambang Usadi
Wakil Ketua : Markoni
Anggota : Ali Mukartonop