Kabar Baik, Staf Pelatih Timnas Indonesia Asal Korsel Negatif Corona

Logo PSSI
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – Kabar baik didapatkan PSSI di tengah wabah virus corona COVID-19. Asisten pelatih Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun, dinyatakan negatif corona.

Hal itu diungkapkan oleh dokter Timnas, Syarif Alwi. Pelatih asal Korea Selatan itu diketahui negatif usai menjalani swab test pada Sabtu, 4 April 2020, di salah satu rumah sakit di Jakarta. Hasilnya baru keluar hari ini, Selasa 7 April 2020.

Swab test adalah metode pengujian dilakukan dengan menggunakan sampel swab spesimen dari tenggorokan, mulut atau hidung. Setelahnya, akan dilakukan serangkaian tes pada sampel swab tersebut menggunakan metode bernama PCR (Polymerase Chain Reaction). Dengan metode ini, dapat terlihat melihat ada atau tidaknya DNA virus corona pada sampel tersebut.

"Begitu pelatih Gong Oh-kyun dinyatakan positif corona melalui dua kali rapid test kami langsung melakukan swab test dan hasilnya negatif. Hasil ini langsung kami laporkan ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan," kata Syarif Alwi dikutip situs resmi PSSI.

"Setelah hasil swab test diketahui, pelatih Gong Oh-kyun langsung diperbolehkan pulang dari rumah sakit mulai hari ini. Saat ini kondisinya baik-baik saja," tambahnya.

Kabar ini langsung disambut baik oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dia berharap kondisi kesehatan seluruh staf pelatih skuat Garuda selalu baik di mana pun berada.

“Kami juga berharap kondisi empat pelatih timnas yang sedang pulang ke Korsel terjaga baik, hingga saatnya nanti dapat kembali ke Indonesia untuk mempersiapkan timnas menghadapi berbagai agenda sepak bola internasional setelah pandemi virus corona berakhir,” kata Iriawan. 

Sebelumnya, Gong Oh-kyun bersama empat pelatih asal Korea Selatan lainnya yakni Shin Tae-yong, Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jaehong juga menjalani pemeriksaan dan tes virus Corona. Empat pelatih ini dinyatakan negatif virus Corona dan dengan izin PSSI mereka diperbolehkan pulang ke Korea Selatan.