Shin Tae-yong Mau Latih Timnas Indonesia Adalah Perjudian

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Rekam jejak Shin Tae-yong dalam dunia kepelatihan tak perlu diragukan lagi. Dia pernah memimpin Timnas Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018 Rusia.

Kini posisi Tae-yong di Timnas Indonesia seolah terjepit. Salah satu sebabnya adalah serangan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Indra mengatakan Tae-yong pembohong terkait dengan tindakan indisiplinernya ketika jadi asisten di Timnas Indonesia U-19. Tak cuma itu, disebutkan juga pelatih berusia 51 tahun tersebut sudah kehilangan kepercayaan diri.

Indra melontarkan tudingan itu karena sikap Tae-yong belakangan ini. Dalam wawancara dengan media massa Korea Selatan, dia mengeluhkan inkonsistensi PSSI.

Pengamat sepakbola nasional, Rayana Djakasurya memandang berbeda dengan Indra. Menurut dia, kesediaan Tae-yong mau melatih Timnas Indonesia adalah perjudian dalam kariernya.

"Shin Tae-yong itu pelatih yang sudah menunjukkan kualitasnya dan pasti akan bekerja secara profesional," kata Rayana.

"Ketika menandatangani kontrak, Shin Tae-yong njuga sangat paham risiko yang dihadapinya jika gagal membawa Timnas Indonesia meraih prestasi yang lebih baik. Makanya, PSSI tidak boleh mencampuri urusan program latihan yang telah disusunnya," imbuhnya.

Tae-yong juga sempat mengeluhkan programnya untuk menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan dibatalkan oleh PSSI. Padahal semua itu dirancangnya guna membentuk tim agar maksimal ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

"Sekelas Shin Tae-yong itu pasti sudah mempelajari karakter pemain Indonesia. Pasti ada tujuannya pemusatan latihan di Korea Selatan," tutur Rayana.

Baca juga

Mendesak PSSI Pecat Indra Sjafri

Shin Tae-yong: Pelatih Bukan Pesulap