Hirving Lozano, Malaikat Maut Timnas Jerman

Winger muda Timnas Meksiko, Hirving Lozano
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA – Takkan terbayang jika bintang muda, Hirving Lozano, akan jadi "malaikat maut" bagi juara bertahan Piala Dunia, Jerman. Ya, pemain berusia 22 tahun ini mencetak gol tunggal kemenangan Meksiko dalam laga perdana Grup F Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu 17 Juni 2018 WIB.

Punya kecepatan di atas rata-rata, winger yang bermain di klub Eredivisie, PSV Eindhoven, jadi andalan utama pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio. Benar saja, sepak terjang Lozano sangat merepotkan duet defender Der Panzer, Jerome Boateng dan Mats Hummels.

Tak tanggung, gol dibuatnya ke gawang salah satu kiper terbaik dunia, Manuel Neuer. Sebelum melepaskan tembakan keras, Lozano bahkan sempat menunjukkan skill individu dengan menggocek salah satu pemain belakang Jeraman.

Gol Lozano dan kemenangan atas Jerman disebut jadi yang terbaik sepanjang sejarah Timnas Meksiko. Namun demikian, Lozano tak terlalu memusingkan itu. Meskipun ia yakin, golnya jadi salah satu yang akan diingat dalam sejarah sepakbola Meksiko. Menurutnya, lebih penting Meksiko sukses memetik kemenangan di laga perdana, sebagai modal untuk melakoni laga selanjutnya.

"Saya tidak tahu apakah itu (kemenangan dalam sejarah Timnas Meksiko). Tapi, itu pasti adalah salah satu yang terbesar. Sangat baik memulai segala sesuatu dengan cara yang benar melawan juara dunia bertahan. Ini adalah hasil yang baik untuk menunjukkan kerja keras kami," kata Lozano dikutip FIFA.com.

"Ini adalah gol terbaik yang saya cetak dalam seluruh hidup saya. Kami semua bermimpi bermain di Piala Dunia dan memulainya dengan cara yang positif. Saya pikir itu adalah gol terbaik saya sejauh ini," ujarnya.

Gol ke gawang Jerman adalah yang ke-7 dicetak oleh Lozano sejak masuk dalam skuat senior Meksiko pada 2016. Total Lozano sudah tampil dalam 28 pertandingan internasional.