Arsene Wenger Jadi Target Utama Timnas Jepang

Mantan Manajer Arsenal, Arsene Wenger.
Sumber :
  • Reuters/Tony O'Brien

VIVA – Eks Manajer Arsenal, Arsene Wenger dikabarkan menjadi favorit utama untuk mengisi jabatan pelatih Tim Nasional Jepang. Pengalamannya melatih di Jepang menjadi pertimbangan dari Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA).

Melansir Daily Mail, juru taktik berusia 68 tahun itu menjadi incaran sejumlah klub Liga Super China. Bahkan, dua tahun lalu Wenger sempat mendapat tawaran sekitar 30 juta poundsterling (sekitar Rp565,92 miliar) tetapi ditolaknya karena memilih bertahan di Arsenal.

Seperti diketahui, Wenger cukup akrab dengan Negeri Sakura tersebut. Sebelum berlabuh ke Arsenal, pria asal Prancis ini pernah membesut salah satu klub J-League, Nagoya Grampus Eight pada 1995-1996.

Karena itu, Wenger sangat dihormati dan disegani di Jepang. Di sisi lain, Wenger pun selalu berbicara bahwa dia sangat menikmati kehidupan di kawasan Asia Timur tersebut.

Inilah yang menjadi alasan petinggi JFA untuk membawa Wenger kembali ke Jepang sebagai pelatih Timnas. Apalagi, Wenger kini dalam status pengangguran usai melepaskan jabatannya di Emirates Stadium pada akhir musim lalu setelah Arsenal gagal meraih gelar.

Sementara itu, kondisi Timnas Jepang kini tengah bergejolak, dua bulan sebelum Piala Dunia 2018, JFA secara mengejutkan memecat pelatih Vahid Halilhodzic. Padahal, arsitek asal Bosnia Herzegovina tersebut mampu membawa Samurai Biru menyegel tiket ke Rusia.

Akira Nishino pun langsung ditunjuk untuk menukangi Jepang di Piala Dunia dengan kontrak jangka pendek. Meski mampu membawa Jepang hingga 16 besar, kontrak Nishino tetap tidak diperpanjang oleh JFA

Kursi kepelatihan yang kosong membuat Jepang ingin mengontrak Wenger dalam jangka panjang. Dan, hal ini dibarengi dengan ucapan Wenger yang masih belum mau pensiun dari sepakbola selepas mundur dari Arsenal.