Dua Klub Lama Berebut Pulangkan Robben

Winger Bayern Munich, Arjen Robben
Sumber :
  • Twitter/@FCBayern

VIVA – Winger veteran berpaspor Belanda, Arjen Robben, sudah mengumumkan bakal hengkang dari Bayern Munich akhir musim ini. Bintang berusia 34 tahun ini akhirnya memutuskan bakal pergi dari Allianz Arena, setelah 10 tahun menjadi andalan armada The Bavarians.

Kabar tersebut langsung direspons dua klub Eredivisie, FC Groningen dan PSV Eindhoven. Groningen yang merupakan klub pertama Robben, punya keinginan untuk memulangkan sang pemain yang sudah 18 tahun pergi. Ya, Robben merupakan alumni akademi sepakbola Groningen. Ia pernah membela Groningen periode 2000-2002.

CEO Groningen, Hans Nijland, membenarkan jika klubnya tertarik untuk memulangkan Robben. Tak hanya itu, Nijland juga ingin Robben menghabiskan sisa kariernya hingga pensiun bersama The Green-White Army.

"Itu akan jadi mimpi terakhir jika dia bergabung dengan kami, dan pensiun dari sepakbola (profesional) di sini. Setidaknya kami harus memimpikannya," ujar Nijland kepada Dagblad Noorden.

Pun dengan PSV. Setelah meninggalkan Groningen, Robben mulai menunjukkan kehebatannya saat mengenakan seragam putih-merah khas PSV. Bersama PSV mulai 2002-2004, Robben membuat banyak raksasa Eropa kepincut. Hingga pada akhirnya, Robben diboyong Chelsea, Real Madrid, hingga Bayern.

Mantan rekan Robben yang kini menjadi pelatih PSV, Mark van Bommel, juga menyiratkan ketertarikannya untuk memulangkan Robben di Philips Stadion.

"Kami selalu tertarik dengan pemain hebat dan Arjen (Robben) adalah pemain hebat," ujar Van Bommel dikutip ESPN.

10 musim membela Bayern, Robben ikut mengantar Die Roten meraih sembilan gelar juara Bundesliga, empat gelar Piala Jerman (DFB-Pokal), lima gelar Piala Super Jerman (DFL-Supercup), satu gelar Liga Champions, dan satu gelar Piala Super Eropa. 143 gol berhasil disarangkan Robben dalam 305 penampilannya di semua ajang.