Filipina Gagal ke Final Piala AFF, Eriksson: Kami Catat Sejarah

Duel Vietnam vs Filipina
Sumber :
  • www.affsuzukicup.com

VIVA – Filipina gagal melangkah ke final Piala AFF 2018. Ditangani pelatih sekelas Sven-Goran Eriksson, langkah Azkals terhenti di semifinal, usai dikalahkan Vietnam 1-2 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Kamis, 6 Desember 2018.

Filipina tersingkir dengan agregat 2-4, setelah di leg pertama juga takluk 1-2 di Panaad Stadium. Meskipun demikian, Eriksson tidak menyesali hasil ini. Dia melihat Filipina memiliki masa depan yang cerah.

"Mungkin kami tersingkir karena kalah di kandang beberapa hari yang lalu. Tapi, pertandingan ini adalah sejarah untuk kami. Sekarang, kami harus melangkah maju," kata eks pelatih Manchester City dan Lazio ini dilansir Asean Football.

Dua gol Vietnam dicetak Nguyen Quang Hai di menit 83 dan Nguyen Cong Phuong di menit 87. Gol balasan Filipina dicetak James Younghusband di menit 89.

"Dari apa yang kami amati di leg pertama, kami tahu Filipina bakal kelelahan di menit 65 hingga 70. Itulah alasan mengapa kami bertahan di babak pertama dan menyerang di babak kedua," kata pelatih Vietnam, Park Hang-Seo.

Hasil ini membuat Vietnam akan menantang Malaysia di final Piala AFF. Leg pertama akan berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 11 Desember 2018. (ase)