Tidak Hanya Menang Telak, Beberapa Pemain Inggris Juga Pecahkan Rekor

Winger Inggris, Raheem Sterling rayakan gol.
Sumber :
  • https://twitter.com/England

VIVA – Hasil memuaskan diraih Timnas Inggris pada laga perdana Kualifikasi Piala Eropa 2020. Anak asuh Gareth Southgate ini berhasil meraih kemenangan telak 5-0 atas Republik Ceko di Stadion Wembely, Sabtu, 23 Maret 2019 dini hari WIB. 

Raheem Sterling menjadi bintang dengan sumbangan tiga golnya. Ia mencetak gol pada menit 24, 62 dan 68. 

Dua gol dari Inggris lainnya dicetak oleh Harry Kane dan Tomas Kalas. 

Di Grup A, Inggris pun memuncaki klasemen dengan 3 poin. Montenegro dan Bulgaria di posisi dua dan tiga dengan poin sama satu. 

Berikut Fakta menarik usai Inggris bantai Republik Ceko dikutip dari OptaJoe:

- Inggris tidak terkalahkan dalam 18 pertandingan Kualifikasi Piala Eropa (menang 15 kali dan imbang tiga kali). Dalam 10 pertandigan terakhir mereka meraih kemenangan secara beruntun. 

- Raheem Sterling menjadi pemain pertama yang mencetak tiga gol di Stadion Wembley sejak 2010 lalu. Pemain yang mencetak tiga gol tersebut adalah, Jermain Defoe saat bertemu Bulgaria. 

--Sterling (Liverpool vs Watford dan Inggris vs Republik Ceko) menjadi pemain pertama sejak Alan Shearer tahun 1999 (Newcastle United vs Sheffield Wednesday dan Inggris vs Luxemburgo) yang berhasil mencetak tiga gol untuk klub dan negaranya di bulan yang sama. 

- Callum Hudson-Odoi (18 tahun 135 hari) mencetak sejarah bagi The Three Lions. Ia adalah bermain termuda yang berhasil meraih kemenangan di laga debutnya. Ia memecahkan rekor dari Duncan Edwards (18 tahun 183 hari) tahun April 1955. 

- Timnas Inggris untuk pertama kalinya menurunkan dua pemain termuda sekaligus dalam pertandingan (Hudson Odoi dan Jadon Sancho) sejak 138 tahun lalu. Ketika itu Inggris bertemu Wales 26 Februari 1881 (Thurston Rastron dan Jimmy Brown). (ren)