7 Fakta Menarik Usai Liverpool Hantam Porto di Anfield

Para pemain Liverpool merayakan gol Roberto Firmino ke gawang FC Porto
Sumber :
  • Twitter/@LFC

VIVA – Kemenangan berhasil dipetik Liverpool saat berhadapan dengan wakil Portugal, FC Porto. Menjamu Porto di Anfield dalam laga leg 1 babak perempatfinal Liga Champions 2018/2019, armada Merseyside Merah menang 2-0, Rabu 10 April 2019 dini hari WIB.

Liverpool tampil dominan dalam pertandingan ini. The Anfield Gang  berhasil mencetak gol cepat lewat aksi Naby Keita, saat laga baru berjalan lima menit. Roberto Firmino kemudian menggandakan keunggulan sekaligus memastikan kemenangan Liverpool lewat golnya di menit 26.

Menurut data yang dikutip dari Opta dan BBC, kemenangan ini menambah rekor kemenangan Liverpool atas Porto. Selain itu, catatan rekor positif di kompetisi Eropa juga ditorehkan Liverpool saat berlaga di kandang.

Sebaliknya, kekalahan ini membuat rekor negatif Porto kala melawat ke markas tim Inggris bertambah. Armada Dragoes kerap tumbang jika melakoni laga tandang melawan wakil-wakil Inggris.

Selain itu, ada catatan rekor yang juga dibuat manajer Liverpool, Juergen Klopp. Kemenangan atas Porto merupakan yang ke-400 diraih Klopp. Selain itu, ada pula catatan rekor yang dibuat dua pemain Liverpool asal Brasil, Roberto Firmino dan Alisson Becker.

7 Fakta Menarik Usai Kemenangan Liverpool atas Porto:

1. Liverpool melanjutkan rekor tak terkalahkan atas Porto dalam enam pertemuan terakhir. Liverpool berhasil memetik tiga kemenangan dan tiga hasil imbang.

2. Liverpool memperpanjang rekor tak terkalahkan di Anfield dalam laga kompetisi Eropa. Dalam 21 laga kandang, Liverpool berhasil memetik 15 kemenangan dan enam hasil imbang.

3. Dalam 21 pertandingan kandang, Liverpool hanya kebobolan 15 gol dan berhasil mencatat 12 kali clean sheet.

4. Kekalahan dari Liverpool menambah catatan rekor negatif Porto yang tak pernah menang dalam laga tandang melawan tim asal Inggris dalam 20 laga. Dalam 20 pertandingan tandang di level Eropa melawan tim Inggris, Porto hanya mampu meraih tiga hasil imbang dan sisanya menelan 17 kekalahan.

5. Juergen Klopp berhasil mencatat kemenangan ke-400 di semua kompetisi. Manajer asal Jerman ini mencatat 111 kemenangan bersama Liverpool, 180 kemenangan bersama Borussia Dortmund, dan 109 kemenangan bersama Mainz 05.

6. Roberto Firmino terlibat dalam terciptanya 21 gol Liverpool di Liga Champions. Bomber asal Brasil ini sukses mencetak 13 gol dan delapan assist.

7. Sejak melakoni debut di Liga Champions pada 2017 bersama AS Roma, Alisson Becker berhasil mencatat sembilan clean sheet. Catatan yang dibuat penjaga gawang asal Brasil lebih banyak dibandingkan kiper-kiper lainnya di Liga Champions. Catatan lima clean sheet dibuat Alisson bersama Roma, dan empat lainnya bersama Liverpool.