Brasil Lolos ke Semifinal Lewat Adu Penalti

Selebrasi gol para pemain Brasil di Copa America 2019.
Sumber :
  • AS.com

VIVA – Brasil memastikan diri lolos ke semifinal Copa America 2019. Mereka mengalahkan Paraguay pada perempatfinal melalui adu penalti, 4-3, setelah sebelumnya bermain imbang 0-0 pada waktu normal di Arena Do Gremio, Kamis 27 Juni 2019, atau Jumat pagi waktu Indonesia.  

Pada babak pertama Brasil tampil mendominasi. Cuma Paraguay juga bermain solid, khususnya di pertahanan, sehingga tidak ada gol yang mampu dihasilkan kedua tim.

Babak kedua, laga berjalan semakin sengit. Brasil tampil semakin ngotot.

peluang emas didapatkan Brasil di menit 53. Roberto Firmino lolos dari kawalan dan siap membobol gawang Paraguay. Namun dia kemudian dijatuhkan di depan kotak penalti.

Wasit lalu meniup peluit. Setelah melihat VAR, diputuskan Paraguay harus bermain dengan 10 orang. Fabian Balbuena dikartu merah karena melakukan pelanggaran keras.

Unggul jumlah, Brasil semakin menjadi-jadi. Tapi Paraguay juga semakin kompak. Sejumlah peluang didapatkan Selecao, tapi sayangnya mereka tetap tidak mampu membuat gol.

Sampai 90 menit kedua kubu tidak mampu menghasilkan gol. Sesuai aturan, penentuan pemenang untuk lolos ke semifinal dilakukan melalui adu penalti.

Pada babak tos-tosan, Brasil berhasil unggul. Empat dari lima eksekutor mereka, sukses menjalankan tugasnya. Hanya Roberto Firmino yang gagal. Sedangkan dua penendang Paraguay, tidak mampu menaklukkan kiper Alisson Becker.

Susunan pemain:

Paraguay (5-4-1): Roberto Fernandez; Ivan Piris, Gustavo Gomez, Fabian Balbuena, Junior Alonso, Santiago Arzamendia; Derlis Gonzalez, Richard Sanchez, Celso Ortiz, Hernan Perez; Miguel Almiron.

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis; Arthur, Allan; Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, Everton; Roberto Firmino.