5 Fakta Menarik Usai Brasil Sukses Singkirkan Argentina

Striker Brasil, Gabriel Jesus, melakukan selebrasi bersama Alisson Becker
Sumber :
  • Instagram/@cbf_futebol

VIVA – Pentas Copa America 2019 baru saja memastikan satu kontestan yang akan berlaga di partai puncak pada Senin dini hari WIB, 8 Juli 2019. Adalah sang tuan rumah Brasil yang berjaya mengamankan tiket final usai melibas rival mereka, Argentina 2-0 pada duel semifinal, Rabu pagi WIB, 3 Juli 2019 di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Minas Gerais.

Meski laga berlangsung cukup imbang, tim Samba sukses mencuri dua gol berkat aksi Gabriel Jesus menit 19 dan Roberto Firmino pada menit 71. Selebihnya, tim Tango sebenarnya memiliki jumlah tembakan ke gawang lebih banyak yakni 4 berbanding 3 dari Brasil.

Namun sayang, efektivitas performa skuat besutan Tite lebih manjur untuk menghasilkan gol dan terus mempertahankan keunggulan mereka.

Sejumlah torehan rekor dan catatan impresif pun mengemuka dalam laga sengit tersebut. Salah satunya dikemas oleh bek kawakan Dani Alves yang masuk deretan legenda Brasil dengan caps terbanyak di Copa America.

Berikut 5 fakta menarik lainnya usai keberhasilan Brasil menyingkirkan Argentina di semifinal Copa America 2019:

1. Brasil tak pernah kalah pada pertandingan kompetitif di kandang melawan Argentina (9 menang, 2 seri), dan tak terkalahkan dalam 8 pertemuan terakhir kontra tim Tango di semua kompetisi (7 menang, 1 seri).

2. Bagi Dani Alves, laga melawan Argentina kali ini merupakan penampilan ke-18 dirinya bersama timnas Brasil di ajang Copa America, atau masuk dalam jajaran legenda tim Samba dengan torehan terbanyak sepanjang sejarah selevel Roberto Carlos dan Zizinho.

3. Kiper Brasil, Alisson berhasil mencatatkan clean sheet pada 9 laga terakhirnya di semua kompetisi atau 846 menit di Liverpool dan tim nasional. Ia terakhir kebobolan saat The Reds kontra Newcastle United pada 4 Mei 2019.

4. Gol pertama Brasil oleh Gabriel Jesus membawa bomber Manchester City itu mengakhiri masa paceklik golnya dalam sembilan laga kompetitif terakhirnya bersama tim Samba (tidak termasuk adu penalti). Terakhir ia mencetak gol dalam laga Kualifikasi Piala Dunia kontra Chili pada 2017.

5. Lionel Scaloni adalah manajer Argentina pertama yang harus kalah 2 pertemuan pertamanya dengan Brasil di semua kompetisi sejak Cesar Luis Menotti pada 1975 dengan 4 kali kalah.