Pertama Kali, UEFA Tunjuk Wasit Wanita di Piala Super Eropa 2019

Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart.
Sumber :
  • Syma News

VIVA – Sebuah terobosan dilakukan oleh otoritas sepakbola Eropa (UEFA), dalam menunjuk wasit untuk pertandingan Piala Super Eropa antara Liverpool vs Chelsea. Untuk pertama kalinya, UEFA memilih wasit wanita di pertandingan krusial.

Wasit wanita pertama yang dipercaya untuk memimpin duel juara Liga Champions dan kampiun Liga Europa itu adalah Stephanie Frappart. Dia adalah wasit asal Prancis dan pernah memimpin pertandingan final Piala Dunia Wanita 2019 antara Amerika Serikat vs Belanda.

Kendati ini pertama kalinya laga Piala Super Eropa dipimpin wasit wanita, Stephanie Frappart ternyata sudah beberapa kali memimpin pertandingan sepakbola pria di negaranya. Bahkan ia tercatat sebagai wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan di Ligue 1 pada April lalu di pertandingan Amiens vs Strasbourg.

Adapun saat memimpin laga Liverpool vs Chelsea pada 14 Agustus mendatang di Istanbul, wasit berusia 35 tahun itu akan didampingi dua asisten yang juga wanita, yakni Manuela Nicolosi asal Prancis dan Michelle O’Neal dari Irlandia. Sedangkan, untuk ofisial pertandingan keempat ada wasit pria asal Turki, Cuneyt Cakir.

Sejatinya sudah banyak wasit wanita yang memimpin pertandingan sepakbola pria di berbagai kompetisi. Selain Stephanie Frappart, ada pula wasit asal Jerman, Bibiana Steinhaus, yang menjadi wasit wanita pertama pada pertandingan kompetisi kasta tertinggi sepakbola Eropa. (ren)