Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 26 Maret 2020 | 23:07 WIB

Prancis Berduka, Pelatih Legendaris Piala Eropa 1984 Tutup Usia

Team VIVA »
Pratama Yudha
Foto :
  • Twitter/@FIFAWorldCup
Mantan pelatih Timnas Prancis, Michel Hidalgo

VIVA – Publik sepakbola Prancis tengah berduka. Pelatih legendaris Les Bleus, Michel Hidalgo, meninggal dunia di usia 87 tahun.

Hidalgo wafat dikarenakan sakit yang dideritanya. Namun, dikutip The Sun, tak disebutkan penyakit apa yang diidapnya itu.

Baca Juga

Semasa hidup, pria kelahiran 22 Maret 1933 itu merupakan mantan pemain yang berposisi sebagai bek kanan atau gelandang bertahan. Dia menghabiskan 14 tahun kariernya sebagai pemain di lapangan hijau dengan membela AS Monaco, Reims, dan Le Havre.

Performanya pun cukup menawan dengan mencatatkan 74 gol dan mempersembahkan dua gelar untuk Reims dan lima gelar bersama Monaco.

Terpopuler

Tapi, puncak kariernya ketika dia menangani Timnas Prancis sejak 1976 hingga 1984. Selama rentang waktu tersebut, Hidalgo berhasil membawa prestasi untuk Les Bleus.

Dimulai dari menembus semifinal Piala Dunia 1982. Dan dua tahun kemudian, Hidalgo mempersembahkan trofi Piala Eropa 1984.

Trofi tersebut sangat dikenang oleh masyarakat Prancis. Sebab, itu adalah gelar pertama Prancis di kancah internasional.

Hidalgo juga pernah meraih gelar Pelatih Terbaik Prancis 1982 dan Pelatih Terbaik Eropa 1984.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Semaraknya Parade Kemenangan Timnas Prancis di Paris
TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu
Terbaru