FIFA Usulkan Lima Kali Pergantian Pemain

Manchester United melakukan pergantian pemain saat hadapi Cardiff
Sumber :
  • Manchester Evening News

VIVA – FIFA mengusulkan peraturan baru untuk mengatasi padatnya jadwal pertandingan usai pandemi virus corona COVID19. Badan sepakbola dunia tersebut mengusulkan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan. 

Biasanya dalam satu pertandingan, tim hanya boleh melakukan tiga kali pergantian pemain. Dikutip dari BBC, peraturan ini hanya untuk sementara.

Rencananya dispensasi peraturan tersebut bisa diterapkan oleh otoritas sepakbola untuk musim kompetisi tahun ini dan musim berikutnya. Serta juga untuk laga internasional sampai nanti akhir 2021.

Sebagian besar kompetisi di dunia saat ini tertunda karena virus corona. Seorang juru bicara FIFA mengatakan, kesehatan akan diutamakan dan kompetisi tidak boleh berlanjut dengan risiko mempertaruhkan nyawa. 

"Sepakbola hanya boleh dilanjutkan ketika otoritas kesehatan dan pemerintah mengatakan benar-benar aman dan tidak mengganggu pelayanan kesehatan," kata juru bicara itu. 

"Keamanan pemain adalah salah satu prioritas utama FIFA. Kekhawatiran kami adalah padatnya pertandingan dan dapat meningkatkan risiko cedera, karena seringnya bermain," tambahnya. 

Sementara itu, Proposal tersebut harus disetujui oleh Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (Ifab), badan pembuat peraturan sepakbola. Mereka harus melihat apakah usula tersebut cukup relevan dalam penyelenggaraan kompetisi.