Sah, Aturan Lima Pergantian Pemain Telah Disetujui

Para pemain Manchester City usai pertandingan
Sumber :
  • Rui Vieira/AP

VIVA – Proposal FIFA soal pergantian lima pemain dalam satu pertandingan telah disetujui. Aturan ini hanya akan berlaku sementara atau bagi negara yang akan melanjutkan kembali kompetisinya setelah tertunda karena pandemi virus corona COVID-19. 

Dikutip dari BBC, Internasional Association Board (Ifab) badan yang membuat peraturan sepakbola telah menyetujui perubahan sementara itu. Hal ini untuk membantu melindungi pemain. 

"Amandemen sementara mulai berlaku dengan efek langsung, dan telah dibuat karena pertandingan dapat dimainkan dalam periode singkat, cuaca berbeda dan keduanya bisa berdampak pada kesehjateraan pemain," tulis pernyataan resmi Ifab. 

Virus corona memang telah melumpuhkan sepakbola diseluruh dunia. Semua kompetisi mengalami penundaan. 

Bahkan Ligue 1 menyatakan menghentikan kompetisi, dan Paris Saint-Germain dinobatkan sebagai juara. 

Ifab menyetujui permintaan FIFA tersebut dengan sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Biasa dalam satu pertandingan sepakbola tim hanya boleh melakukan tiga kali pergantian pemain. 

Berikut ini sejumlah syarat yang diajukan oleh Ifab:

- Peraturan ini hanya berlaku sampai 31 Desember 2020. Artinya hanya berlaku untuk musim kompetisi 2019/2020. 

- Setiap tim hanya boleh tiga kali menghentikan pertandingan untuk melakukan pergantian pemain. Dengan demikian, jika ingin melakukan lima pergantian pemain, maka hanya boleh dilakukan dalam tiga kali break di tengah laga. Pergantian pemain juga bisa dilakukan saat turun minum

- Aturan ini tidak wajib, sehingga penerapan tergantung pada penyelenggara kompetisi. 

Baca juga:

LaLiga Akan Kembali Bergulir, Pemain Takut Tertular Virus Corona