Komentar Arsene Wenger Sepakbola Tanpa Penonton

Manajer legendaris Arsenal, Arsene Wenger.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kompetisi sepakbola dibeberapa negera Eropa sudah mulai bergulir. Bundesliga contohnya, akhir pekan kemarin kompetisi ini sudah kembali berjalan usai ditunda karena pandemi virus corona COVID-19 sejak Maret lalu. 

Pertandingan di Bundesliga pun digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, laga juga digelar tanpa penonton. 

Eks manajer Arsenal, Arsene Wenger mengatakan, laga sepakbola yang digelar tanpa penonton dalam jangka waktu lama bisa merusak olahraga tersebut. Namun, Wenger menyebutkan, untuk saat ini laga tanpa penonton memang yang paling baik untuk menyelesaikan musim ini. 

"Apakah itu akan bertahan jangka panjang? Apakah akah merusak sepakbola jika tanpa pendukung dalam jangka panjang? Saya kira itu bisa saja terjadi," kata Wenger dikutip dari Skysport. 

"Tapi ini bisa untuk solusi jangka pendek, bukan jangka panjang. Bisa dibayangkan semusin tanpa penonton. Itulah mengapa saya sebut itu solusi jangka pendek," tambahnya. 

Premier League kemungkinan juga akan menerapkan hal yang sama. Pertandingan digelar tanpa penonton. 

Menurut Wenger, pertandingan dengan penonton bisa digelar sampai benar-benar aman. Premier League kabarnya akan kembali bergulir pada pertengahan Juni.

"Kita belum memiliki obat untuk orang-orang yang pergi ke stadion di pertengahan Juli. Ada beberapa contoh, di Italia di mana penggemar bisa memicu bencana," jelas pria asal Prancis ini. 

"Kita tidak bisa berdalih alasan keuangan dan mengambil risiko besar. Kami harus terlebih dahulu memastikan aman secara medis," katanya.

Baca juga:

Penyerang Arsenal Terancam Sanksi Karena Balon

Tontowi Ahmad Putuskan Pensiun dari Bulutangkis?