Penelitian: 41 Kematian Virus Corona Dampak dari Liverpool vs Atletico

Pertandingan Liverpool vs Atletico Madrid
Sumber :
  • twitter.com/LFC

VIVA – Sebuah penelitian menyebut pertandingan babak 16 besar Liga Champions antara Liverpool vs Atletico Madrid, Maret 2020 menimbulkan korban meninggal karena virus corona.

Dikutip dari Sport, sebuah studi data dari NHS merinci setidaknya ada 41 kematian yang terjadi karena pertandingan tersebut. Liverpool bertemu Atletico sebelum adanya aturan lockdown di Inggris.

Sekira 3.000 pendukung Atletico datang langsung ke Anfield Stadium ketika itu. Laporan yang ada, terjadi 41 kematian tambahan sekitar 25-35 hari setelah pertandingan.

Sebelum hasil studi ini muncul, Wali Kota Liverpool, Steve Rotherham sudah menaruh curiga. Dia bahkan menginstruksikan jajarannya untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Jika orang-orang terpapar virus corona sebagai dampak langsung ajang olahraga yang kami yakini seharusnya tidak berlangsung, itu sebuah skandal," kata Rotherham.

Saking kesalnya Rotherham dengan penyebaran virus corona di Liverpool, dia sempat menolak Premier League untuk digulirkan kembali. Sepakbola menjadi salah satu acara yang risiko mengumpulkan massa.

"Sekalipun berlangsung tertutup, akan ada banyak ribuan orang yang berada di sekeliling Anfield Stadium," ujar Anderson, dikutip dari BBC Sport.

"Tidak  banyak orang yang akan menghormati imbauan kami agar menjauh dari stadion. Banyak orang yang akan merayakannya, jadi saya pikir adalah tidak dilanjutkan," imbuhnya.