Jangan Dulu Tinggalkan Dortmund Buat MU, Sancho

Sancho diperebutkan tiga klub (Foto: Alex Gotsschalk/Gettyimages)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mantan pemain Borussia Dortmund, Steffen Freund, menyarankan pada Jadon Sancho agar jangan terburu-buru pindah ke Manchester United atau Liverpool. Pemain asal Inggris itu masih butuh waktu untuk berkembang bersama Die Borussen.

Sancho menjadi properti panas yang bakal diperebutkan pada bursa transfer musim panas mendatang. Meski usianya baru 20 tahun, tapi kemampuannya sudah diakui sebagai calon bintang masa depan.

Dan itu bukan cuma sebatas omongan. Fakta di lapangan membuktikan lewat statistik saat dia bermain.

Sepanjang musim ini, dia berhasil mencetak 14 gol dan 16 assists dalam 25 penampilan di Bundesliga. Hanya bomber Bayern Munich, Robert Lewandowski, yang terlibat gol lebih banyak dari Sancho.

Meski belum menentukan pilihan, tapi peluang MU dinilai lebih besar ketimbang Liverpool untuk mendapatkan Sancho. Mereka bahkan menyiapkan nomor punggung 7 untuknya.

Namun, bagi Freund, Sancho tak perlu terburu-buru meninggalkan Signal Iduna Park. Setidaknya, dia harus bertahan semusim lagi untuk mematangkan kemampuan dan meraih waktu bermain lebih banyak.

"Jadon sudah siap bermain untuk Liverpool atau MU. Itu sudah tak perlu dipertanyakan lagi karena statistik telah membuktikannya. Itu menunjukkan dia bisa mengambil langkah selanjutnya," kata Freund dikutip Sportsmail.

"Sebaiknya dia bermain dulu untuk Dortmund hingga musim depan jadi dia akan mendapatkan waktu bermain lebih banyak," jelasnya.

Bukan tanpa alasan Freund menyarankan demikian. Dia berkaca pada kegagalan Luka Jovic yang buru-buru hijrah ke Real Madrid. Hasilnya, dia malah gagal berkembang dan hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Nasib serupa bisa saja terjadi dengan Sancho. Sebab, klub sekelas MU atau Liverpool memiliki tekanan yang besar. Terlebih, MU sedang berusaha bangkit setidaknya masuk ke zona Liga Champions.

"Ingat Luka Jovic, yang pergi ke Real Madrid dari Eintracht Frankfurt, dia sekarang tak bermain," ucap Freund.

"Jadi, bagi Jadon untuk pergi ke MU dengan tekanan yang sangat besar, mereka juga kepayahan buat lolos ke Liga Champions, akan lebih baik baginya untuk bertahan satu musim lagi di Dortmund," ungkapnya.