Dortmund Kunci Runner Up Bundesliga, Posisi 4 Besar Masih Panas

Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland
Sumber :
  • twitter.com/BVB

VIVA – Borussia Dortmund memastikan diri sebagai runner up Bundesliga musim ini usai menumbangkan RB Leipzig 0-2 dalam lanjutan Bundesliga di Red Bull Arena, Sabtu 20 Juni 2020. Erling Braut Haaland jadi bintang kemenangan Die Borussen di laga ini.

Pertarungan dua penyerang muda, Timo Werner dan Erling Haaland sudah tercipta sejak awal laga. Keduanya menunjukkan jika mereka adalah bomber yang patut menjadi perhatian bek lawan.

Werner bahkan sudah mengancam pertahanan Dortmund di awal laga. Namun, usahanya masih bisa dipatahkan Mats Hummels.

Kendati demikian, peluang emas justru lebih dulu didapatkan oleh Haaland di menit 16. Thorgan Hazard melewati Dayot Upamecano sebelum mengirimkan umpan yang ditujuan buat striker asal Norwegia itu. Namun, kiper Leipzig, Peter Gulacsi, bergerak cepat untuk memotong laju bola.

Setelah melewatkan sejumlah peluang, Haaland berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit 30. Julian Brandt membuka celah bagi Giovanni Reyna yang langsung meneruskan bola ke kaki Haaland yang dengan tenang melepaskan tembakan dan mengoyak gawang Gulacsi.

Leipzig hampir saja menyamakan kedudukan 10 menit berselang lewat peluang yang diciptakan oleh Werner. Beruntung bagi tim tamu, Roman Burki bisa mengamankan gawangnya dari ancaman tersebut. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Werner tanpa henti membahayakan gawang Dortmund sejak babak kedua dimulai. Namun, tak ada satu pun peluangnya yang berbuah hasil.

Pun dengan Dortmund. Meski berhasil menciptakan sejumlah peluang, mulai dari Raphael Guerreiro juga Lukasz Piszczek, tapi penyelesaian akhir yang buruk dan ketangguhan Gulacsi di bawah mistar gawang membuat belum ada gol lagi hingga menit 80.

Laga semakin memanas saat memasuki menit-menit akhir pertandingan. Benar saja, Haaland menjadi pahlawan Dortmund di laga ini setelah mencetak gol kedua di masa injury time. Die Borussen menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Tambahan tiga poin membuat pasukan Lucien Favre mengunci posisi runner up Bundesliga musim ini dengan koleksi 69 poin. Sementara koleksi 63 poin milik Leipzig membuat mereka masih harus bertarung ketat dengan Borussia Moenchengladbach dan Bayer Leverkusen dalam memperebutkan posisi empat besar.

Gladbach menang dan Leverkusen keok

Di waktu yang bersamaan, Borussia Moenchengladbach menjaga peluang finis di posisi empat besar usai mengalahkan Paderborn 3-1 di Stadion Benteler-Arena.

Gol-gol Gladbach tercipta berkat usaha Patrick Herrmann di menit keempat dan dua gol lainnya ditorehkan Lars Stindl di menit 55 dan 73.

Sementara, Paderborn hanya mampu membalas satu gol melalui aksi Sven Michael di menit 53.

Di Olympiastadion Berlin, Leverkusen harus mengakui keperkasaan Hertha Berlin yang memaksa mereka pulang dengan tangan hampa. Gol dari Matheus Cunha dan Dodi Lukebakio membuat Berlin menang dengan skor 2-0.

Kemenangan ini mengantarkan Berlin ke posisi 10 dengan 41 poin. Sedangkan Leverkusen bakal bertarung ketat di pekan terakhir supaya bisa finis di posisi empat besar. Saat ini, mereka mengumpulkan 60 poin dan berada di peringkat kelima. Hanya berjarak dua poin dari Gladbach yang berada di posisi keempat.