Parah, UEFA Buang Kante demi Ronaldo Masuk Tim Terbaik 2019

Gelandang Chelsea N'Golo Kante
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – UEFA, atau federasi sepakbola Eropa baru saja merilis 11 pemain terbaik 2019 pilihan fan. Dalam daftar tersebut, juara Liga Champions, Liverpool menyumbang pemain paling banyak. 

Lengkap dari penjaga gawang sampai posisi penyerang. Pemain-pemain tersebut adalah Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Andy Robertson, Virgil van Dijk dan Sadio Mane. Kumudian, pemain lainnya yang mengisi posisi tersebut ada bek Juventus, Matthijs De Ligt. 

Di posisi gelandang diisi oleh Frenkie De Jong dari Barcelona  dan Kevin De Bruyne (Manchester City). Lini depan diisi kuartet Lionel Messi, Mane, Cristiano Ronaldo, dan Robert Lewandowski.Dengan pemain-pemain tersebut, UEFA menetapkan formasi 4-2-4.

Akan tetapi, formasi itu mengundang kontra. Selama enam musim terakhir, UEFA selalu memasang formasi 4-3-3.  UEFA disebut telah memasukan nama Ronaldo secara ilegal.

Dilaporkan Daily Mail, megabintang Juventus itu memiliki suara lebih sedikit daripada Messi, Lewandowski,dan Mane. Masuknya Ronaldo dalam formasi tersebut diduga telah membuang nama gelandang Chelsea, N'Golo Kante. 

Sementara itu, seorang sumber yang tak disebutkan namanya mengatakan, UEFA kali ini memilih tak mengungkapkan data para voter, tak seperti tahun lalu. Hal ini memperkuat dugaan kalau UEFA melakukan segala cara agar fakta bahwa Ronaldo cuma di urutan empat tak diketahui.

Seorang juru bicara UEFA mengatakan langkah itu dilakukan berkat kemenangan Portugal di final UEFA Nations League. "Formasi untuk tim tahun ini dipilih untuk mencerminkan suara para penggemar secara paralel dengan prestasi para pemain di kompetisi UEFA," kata mereka.

>