Final Piala Prancis: PSG 'si Anak Baru' Ditantang Penguasa Lawas

Striker Paris Saint-Germain, Edinson Cavani merayakan gol
Sumber :
  • twitter.com/PSG_inside

VIVA – Paris Saint-Germain berpeluang besar menambah trofi mereka musim ini, usai dinobatkan sebagai juara Ligue 1. Les Parisiens akan menghadapi Saint-Etienne di final Coupe de France atau Piala Prancis, Sabtu dini hari WIB, 25 Juli 2020.

Laga ini bisa dibilang sebagai pertemuan antara si anak baru dengan penguasa lama Prancis. PSG baru menjadi kekuatan mengerikan di Prancis usai iambil alih  Qatar Sports Investments (QSI) pada 2011.

(Baca juga: Saint-Etienne, Raja Sesungguhnya Sepakbola Prancis)

Jauh sebelum itu, Saint-Etienne merupakan penguasa Prancis. Bahkan, sampai detik ini gelar Ligue 1 PSG masih kalah dari Saint-Etienne.

Total, PSG merebut sembilan gelar Ligue 1. Mereka masih tertinggal satu gelar dari Saint-Etienne. Namun, kali terakhir Saint-Etienne juara liga domestik pada 1980/81.

Jika melihat gelar Coupe de France, PSG merupakan tim terbaik dengan 12 trofi. Saint-Etienne baru 6 kali juara di ajang ini.

(Baca juga: Jadwal Siaran Langsung: AC Milan Vs Atalanta, PSG Tampil di Final)

Namun lagi-lagi, Saint-Etienne merupakan penguasa lawas di Coupe de France. Saat mereka merebut gelar keenam pada 1977, PSG belum sekalipun juara. Gelar Coupe de France pertama PSG diraih pada 1982.

Untuk duel dini hari nanti, sepertinya sang anak baru bisa mengalahkan penguasa lawas. Itu berkaca pada lima pertemuan terakhir di mana Les Parisiens begitu dominan.

Dilansir Soccerway, PSG menang empat kali dari lima pertemuan melawan Saint-Etienne. Satu laga lainnya berakhir imbang. Bahkan di perempatfinal Piala Liga atau Coupe de la Ligue musim ini, PSG menghajar Saint-Etienne 6-1.

Berikut rekor pertemuan PSG vs Saint-Etienne:

19 April 2020: PSG 6-1 Saint-Etienne (Coupe de la Ligue)
16 Desember 2019: Saint-Etienne 0-4 PSG (Ligue 1)
18 Februari 2019: Saint-Etienne 0-1 PSG (Ligue 1)
15 September 2018: PSG 4-0 Saint-Etienne (Ligue 1)
7 April 2018: Saint-Etienne 1-1 PSG (Ligue 1)