Daftar Tim-tim Promosi di 5 Liga Top Eropa

Skuad Leeds United.
Sumber :
  • Instagram/@efl

VIVA – Lima liga top Eropa musim 2019/20 sebagian besar telah berakhir. Tinggal Serie A yang segera merampungkan partai pamungkas malam ini atau Senin dini hari WIB, 3 Agustus 2020.

Selain tim-tim juara, menarik juga berbicara mengenai tim-tim promosi. Tim-tim ini berhasil naik tingkat dan akan meramaikan persaingan di level teratas di musim 2020/21 mendatang.

Siapa sajakah tim-tim yang berhasil promosi di lima liga top Eropa? Berikut rangkumannya:

1. Premier League
Dua tim yang berhasil promosi ke Premier League musim depan adalah Leeds United dan West Bromwich Albion. Satu tim lagi akan diperebutkan Brentford dan Fulham di partai final playoff di Wembley, Rabu dini hari WIB, 5 Agustus 2020.

Bagi Leeds, keberhasilan promosi terasa spesial. Ini kali pertama The Whites tampil di Premier League setelah menunggu selama 16 tahun.

2. LaLiga
Beralih ke LaLiga. Dua tim yang mengantongi tiket promosi adalah Huesca dan Cadiz. Bagi Huesca, ini bisa jadi pembuktian setelah hanya numpang lewat di LaLiga musim 2018/19. Sedangkan Cadiz kembali ke kasta teratas Spanyol setelah menunggu selama 14 tahun.

Masih ada satu tiket promosi lagi yang bakal diperebutkan. Elche, Real Zaragoza, Girona dan Almeria bertarung di partai playoff.

3. Serie A
Dua tim yang sukses naik tingkat ke Serie A musim depan adalah Benevento dan Crotone. Mereka sama-sama kembali setelah dua musim absen di kasta teratas Italia. Benevento dilatih oleh legenda AC Milan, Filippo Inzaghi.

Satu tiket promosi lainnya diperebutkan lewat jalur playoff. Mereka yang bertarung adalah Spezia, Pordenone, Cittadella, Chievo Verona, Empoli, dan Frosinone.

4. Bundesliga
Di Bundesliga, hanya dua tim yang promosi yakni Arminia Bielefeld dan VfB Stuttgart. Stuttgart kembali ke kasta teratas Jerman setelah musim lalu terdegradasi.

5. Ligue 1
Dari Ligue 1, dua tim yang berhasil promosi adalah Lorient dan Lens. Dua tim ini mendapatkan berkah setelah Badan Liga Prancis (LFP) menghentikan Ligue 2 karena pandemi virus corona. Lorient dan Lens yang menempati posisi teratas saat liga terhenti mendapatkan jatah promosi.