Benar-benar Anak Ajaib, Baru 15 Tahun Sudah Tembus Tim Utama Dortmund

Wonderkid Borussia Dortmund, Youssufa Moukoko
Sumber :
  • Bundesliga.com

VIVA – Label Borussia Dortmund sebagai pabrik pemain muda berbakat kian lekat setelah salah satu anak ajaibnya, Youssufa Moukoko, disiapkan untuk melakoni debut bersama tim utama. Moukoko saat ini sudah berlatih secara rutin bersama tim utama Dortmund.

Sejak Januari 2020, Moukoko sebenarnya sudah bergabung ke tim utama Dortmund. Namun, dia belum mendapatkan kesempatan yang reguler berlatih bersama tim utama.

Namun, usai latihan digelar kembali setelah libur karena pandemi virus corona COVID-19, Moukoko mulai rutin latihan di tim utama Dortmund.
Baca juga: Kiper Arsenal Kejer Kenang Momen Miskinnya

Tentu cukup mencengangkan karena usia Moukoko masih begitu belia, 15 tahun. Dan, fakta mengejutkan lainnya adalah saat melihat Moukoko sudah cetak debut bersama tim Dortmund U-17 dan Jerman U-16, saat usianya masih 12 tahun. Benar-benar keajaiban di sepakbola.

Pemuda berdarah Kamerun itu bisa saja mengubah pandangan Bundesliga tentang aturan pemain muda. Bundesliga hanya mengizinkan pemain muda yang sudah menginjak 16 tahun untuk melakoni debut bersama tim utama. Dan, sejauh ini, Nuri Sahin masih menjadi pemain termuda yang melakoni debut di Bundesliga dengan usia 16 tahun 11 hari.

Hanya aja, kasus Moukoko bisa mengubah aturan tersebut, karena berbagai alasan.

Dortmund sebenarnya tak berniat mempromosikan Moukoko secara langsung. Dia sengaja ditempatkan di tim utama untuk berlatih, demi menimba pengalaman dari seniornya.
Baca juga: Rumah Eks Gelandang MU Digerebek Polisi

Berhadapan dengan pemain yang lebih senior, dipercaya oleh jajaran manajemen Dortmund, bakal mempercepat perkembangan Moukoko.

"Dia harus mengambil segala risiko demi mencapai level tertinggi," kata Direktur Pembinaan Usia Dini Dortmund, Lars Ricken, dikutip Kicker.