Resmi Pensiun, Ini 7 Keistimewaan Iker Casillas yang Jarang Diketahui

Kiper legendaris Real Madrid, Iker Casillas.
Sumber :
  • espn

VIVA – Iker Casillas mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola profesional, Senin 3 Agustus 2020. Casillas dikenal sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Spanyol dan Real Madrid.

Dilansir Marca, Selasa 4 Agustus 2020, Casillas resmi pensiun sebagai pemain pada usianya yang ke-39 tahun. Selama karier sepakbolanya, cuma dua klub yang dibela oleh pria asal Spanyol tersebut.

Baca: 7 Fakta Menarik yang Jarang Diketahui tentang Iker Casillas

Real Madrid bisa dibilang adalah klub yang telah membesarkan namanya. Sejak 1996 dia menimba ilmu di akademi tim berjuluk Los Blancos. Lalu naik ke tim Madrid U-17 setahun kemudian. 

Aksinya di bawah mistar gawang membuatnya bisa menembus tim utama Madrid pada 1999. Ketika itu usianya masih 18 tahun. Sejak promosi ke tim utama, Casillas terus menjadi andalan Real Madrid. 

Namun, performanya yang terus menurun, membuatnya dilepas Real Madrid ke ke FC Porto pada 2015. Lima tahun membela FC Porto, Casillas akhirnya memilih pensiun dari dunia sepakbola.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 7 fakta menarik Iker Casillas:

Saint Iker
Dia dijuluki "San Iker" (Saint Iker) karena kemampuannya dalam melakukan penyelamatan spektakuler. Casillas pun dianggap sebagai salah satu kiper terhebat sepanjang masa.

Pujian Buffon
"Kamu selalu menjadi ikon Real Madrid, tetapi di atas semua itu, kamu telah menjadi salah satu wajah terbaik dari posisi kami (kiper) di lapangan," kata Buffon.

Nama Jalan
Performa hebatnya saat bersama klub ibukota, Real Madrid membuat namanya diabadikan sebagai nama sebuah jalan. Sebuah jalan di Móstoles telah diganti namanya menjadi Avenida de Iker Casillas.

19 Trofi Juara
16 tahun di Real Madrid, Casillas berperan penting atas 19 trofi yang diraih. Di antaranya, 3 trofi Liga Champions pada 2000, 2002 dan 2014, serta Piala Dunia Klub 2014.

3 Trofi Internasional
Tidak hanya berjaya di level klub, Casillas juga punya kontribusi besar saat Timnas Spanyol juara Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Legenda Liga Champions
Casillas tercatat menjadi pemain yang paling sering tampil di Liga Champions. 177 kali, termasuk di antaranya 4 penampilan di babak kualifikasi.

Raja Clean Sheet Eropa
Casillas menjadi kiper yang meraih cleansheet terbanyak di Liga Champions. 57 kali dengan dua di antaranya di babak kualifikasi.

Baca juga:
Pesan Haru Iker Casillas saat Mengumumkan Resmi Pensiun
Kejutan, Madrid Bakal Datangkan Iker Casillas
7 Fakta Menarik yang Jarang Diketahui tentang Iker Casillas