Son dan Kane Cetak Gol, Tottenham Bawa Kemenangan dari Makedonia

Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@SpursOfficial

VIVA – Tottenham Hotspur menghadapi Shkendija dalam pertandingan leg pertama putaran ketiga kualifikasi Liga Europa 2020/2021, di Tose Proeski Arena, Jumat 25 September 2020, dini hari WIB. Di laga tersebut, Tottenham sukses meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Selepas kick off, Tottenham langsung mengambil inisiatif penguasaan bola. Sedangkan, tim rumah mencoba tampil defensif untuk meredam agresivitas yang ditunjukkan oleg Tottenham.

Upaya The Lilywhites untuk menciptakan gol cepat akhirnya terwujud pada menit ke-5. Adalah Erik Lamela yang sukses menceploskan bola ke gawang Shkendija usai memaksimalkan umpan terukur dari Son Heung-min.

Baca Juga: Peringatan Jose Mourinho untuk Dele Alli

Keunggulan 1-0 membuat Tottenham semakin leluasa dalam mengendalikan permainan. Sementara itu, Shkendija malah bermain seperti tanpa pola setelah tertinggal melalui gol cepat.

Pada menit ke-26, Tottenham nyaris saja menggandakan keunggulan melalui situasi sepak pojok. Sayangnya, sundulan Toby Alderwireld masih melenceng dari sasaran usai meneriman umpan matang Son Heung-min.

Satu menit kemudian, giliran Dele Alli yang memperoleh kesempatan untuk mencetak gol. Akan tetapi, sepakan jarak jauh yang dilepaskan Alli masih dapat diamankan oleh kiper Shkendija.

Di sisa waktu yang ada di babak pertama, Spurs terus menekan klub asal Makedonia tersebut. Namun, hingga peluit panjang turun minum dibunyikan wasit, skor 1-0 untuk keunggulan Tottenham tidak berubah.

Usai rehat, Shkendija mencoba melakukan perubahan cara bermain. Sedangkan, Tottenham tetap tampil agresif seperti paruh pertama.

Perubahan permainan yang tuan rumah akhirnya berbuah hasil. Pada menit ke-55, Valmir Nafiu sukses mengubah skor menjadi 1-1 setelah tendangannya dari luar kotak penalti tak bisa diamankan oleh Joe Hart.

Sekitar tiga menit setelah kebobolan, manajer Tottenham, Jose Mourinho melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Manajer asal Portugal itu memasukkan Harry Kane dan Giovani Lo Celso untuk menambah ketajaman di lini depan.

Baca Juga: Pemain Leyton Positif COVID-19, Duel Kontra Tottenham Ditunda

Perubahan yang dilakukan Mourinho akhirnya membuahkan hasil manis pada menit ke-70. Son Heung-min sukses membawa Spurs unggul 2-1 usai memanfaatkan kemelut di mulut  gawang Shkendija dengan menjadikannya gol.

Tottenham berhasil memperlebar jarak pada menit ke-79. Adalah Harry Kane yang sukses menciptakan gol ketiga bagi The Lilywhites setelah memaksimalkan umpan matan dari Son Heung-min.

Dalam waktu yang tersisa, Shkendija coba keluar menyerang habis-habisan. Sedangkan, Spurs mulai mengendurkan serangan dan terkesan mengulur-ulur waktu.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya dibunyikan, tak ada lagi gol yang tercipta. Tottenham sukses mengunci kemenangan 3-1 atas Shkendija.

Hasil ini tentunya memastikan Tottenham melaju ke babak playoff. Di babak playoff, The Lilywhites sudah ditunggu oleh wakil Israel, Maccabi Haifa.

Susunan pemain

Shkendija: Kostadin Zahov (PG); Egzon Bejtulai, Jan Krivak, Antonio Pavic, Mevlan Murati; Ennur Totre, Bruno Dita (Arbin Zejnullai 77'); Ljupco Doriev (Zija Merdjani 87'), Valmir Nafiu (Florent Ramadani 85'), Valon Ahmedi; Besart Ibrahimi.

Tottenham Hotspur: Joe Hart (PG); Toby Alderweireld, Serge Aurier, Ben Davies, Davinson Sanchez; Harry Winks (Giovani Lo Celso 59'), Steven Bergwijn (Lucas Moura 66'), Tanguy Ndombele; Son Heung-min, Dele Alli (Harry Kane 60'), Erik Lamela.