8 Fakta Menarik Jelang Liverpool vs Midtjylland

Trio penyerang Liverpool, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.
Sumber :
  • Sky Sports

VIVA – Liverpool bakal menjamu Midtjylland pada matchday kedua Grup D Liga Champions 2020-2021. Laga tersebut akan berlangsung di Anfield, Rabu dini hari WIB, 28 Oktober 2020.

Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua klub di Liga Champions. Dengan segala pengalaman Liverpool di Liga Champions, tentu sang juara bertahan Premier League itu lebih diunggulkan untuk menang.

Pada matchday 1, Liverpool menang 1-0 di kandang Ajax Amsterdam lewat gol bunuh diri Nicolas Tagliafico. Sementara itu, Midtjylland dipermak sang tamu Atalanta 0-4.

Liverpool juga sedang on fire setelah meraih hasil maksimal di Premier League. Dalam laga sebelumnya, Liverpool meraih comeback win 2-1 saat menjamu Sheffield United. Gol-gol Liverpool dicetak oleh Roberto Firmino dan Diogo Jota.

Selain data-data di atas, terdapat sejumlah fakta menarik yang menghiasi jelang pertandingan ini. Apa saja? Berikut rangkumannya dilansir Opta:

1. Midtjylland akan menjadi tim Denmark ketiga yang menghadapi Liverpool di kompetisi Eropa, setelah Odense Boldklub di Piala Eropa 1983-84 dan Brøndby di Piala UEFA 1995-96.

2. Ini akan menjadi pertandingan Liga Champions pertama FC Midtjylland melawan tim Inggris. Mereka telah menghadapi tim-tim Inggris pada enam kesempatan sebelumnya di semua Liga Europa, menang tiga kali (D1 K2).

3. Liverpool hanya kalah satu kali dari 26 pertandingan kandang terakhir mereka di semua kompetisi Eropa (W18 D7). Kekalahan itu terjadi terakhir kali melawan Atletico Madrid pada Maret 2020 (2-3). Mereka belum pernah mengalami kekalahan kandang berturut-turut di Eropa sejak Desember 2009.

4. Ini akan menjadi pertandingan tandang pertama FC Midtjylland di Liga Champions. Tim Denmark sebelumnya yang bersaing dalam kompetisi tersebut kalah pada pertandingan tandang pertama mereka.

5. Midtjylland adalah tim ke-17 yang akan memainkan pertandingan tandang pertama mereka di Liga Champions melawan tim Inggris . Tidak ada dari 16 tim sebelumnya yang menang, dengan 14 di antaranya kalah (terakhir FC Qarabag kalah 0-6 di Chelsea pada September 2017).

6. Liverpool belum mencatatkan clean sheet dalam empat pertandingan kandang terakhir Liga Champions mereka. The Reds telah kebobolan total delapan gol di empat pertandingan.

7. Mohamed Salah telah terlibat dalam sembilan gol dalam sembilan pertandingan penyisihan grup Liga Champions UEFA di Anfield (8 gol, 1 assist). 

8. Mohamed Salah hanya berjarak dua gol untuk menyamai rekor klub Steven Gerrard dengan 21 gol di Piala Eropa / Liga Champions.