Rekornya Dikalahkan Ronaldo, Pele Edit Profil Instagramnya

Cristiano Ronaldo saat bertemu Pele.
Sumber :
  • Football 365

VIVA – Megabintang Cristiano Ronaldo mampu menyumbangkan dua gol saat Juventus menang 4-1 atas Udinese dalam lanjutan Serie A 2020/2021, Senin 4 Januari 2020, dini hari WIB. Dua golnya di pertandingan tersebut membuat koleksi gol Ronaldo di level profesional menjadi 758 gol.

Sejak menjadi pemain profesional pada 2002, Ronaldo telah mengemas 758 gol untuk Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, Juventus, dan Timnas Portugal. Sebanyak 658 gol ia buat di level klub dan 102 lainnya lahir bersama Timnas Portugal.

Jumlah itu sudah melampaui gol resmi yang dicetak Pele bersama Santos, New York Cosmos dan Timnas Brasil, yang berkarier sebagai pemain profesional selama 21 tahun (1956-1977). Menurut catatan resmi FIFA, Pele mencetak 757 gol alias terpaut satu digit dari Ronaldo.

Photo :
  • Instagram/@Juventus

Saat ini, Ronaldo hanya terpaut satu gol dari pencetak gol terbanyak sepanjang masa yang dipegang legenda Austria-Cekoslovakia, Josef Bican. Di sepanjang kariernya selama 24 tahun (1931-1955), Josef Bican mencetak 759 gol.

Jika Ronaldo mencetak lebih dari dua gol pada pertandingan Juventus atau Timnas Portugal selanjutnya, maka ia otomatis melewati rekor Josef Bican. Hal itu membuatnya akan mengukir prestasi sebagai pencetak gol ternayak sepanjang masa.

Akan tetapi, Pele tampaknya masih belum rela jika ada pemain lain yang mampu menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Melihat dari Instagram resminya, Pele masih menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Ia mengedit tampilan profil dengan memberikan keterangan "Leading Goal Scorer of All Time" (pencetak gol terbanyak sepanjang masa) dengan 1.283 gol. Memang, sejauh ini terdapat hal yang kontroversial terkait berapa jumlah gol Pele sebenarnya.

Pele beserta stafnya mencatat, jumlah golnya lebih dari 1.000. Sedangkan dalam catatan resmi FIFA, jumlah gol berada di angkat 757. Sebelumnya, mantan klub Pele yakni Santos juga membantah ketika Lionel Messi memecahkan rekor pencetak gol terbanyak bersama satu klub di Barcelona.

Pada Rabu 23 Desember 2020, Messi mencetak rekor sebagai pencetak gol terbanyak bersama satu klub usai membawa Barcelona menang 3-0 atas Real Valladolid. Satu gol itu membuat koleksi gol Lionel Messi bersama Barcelona mencapai 644 gol.

Photo :
  • Barcelona

Messi pun tercatat sebagai pesepakbola dengan koleksi gol terbanyak bersama satu klub. Menurut catatan resmi, koleksi gol Lionel Messi melewati jumlah gol Pele yang tercatat mencetak 643 gol untuk Santos.  

Namun, Santos menganggap, ada 448 gol Pele yang tidak terhitung. Dalam penghitungan mereka yang kemudian dirilis bagian riset dan sejarah Santos, jumalh gol bersama tim berjuluk O Peixe itu sebenarnya adalah 1.091 gol, tetapi itu termasuk gol dari pertandingan persahabatan, pertandingan tur dan pertandingan sewaktu dia di militer.