Dominasi Tim Tamu di Babak 16 Besar Liga Champions

Kylian Mbappe saat mengobrak-abrik Barcelona
Sumber :
  • twitter.com/PSG_inside

VIVA – Seluruh pertandingan di leg 1 babak 16 besar Liga Champions sudah digelar. Ternyata, ada fenomena menarik dari laga-laga yang sudah dimainkan.

Tak ada satu pun hasil seri dari 8 pertandingan. Selain itu, hampir semua tim tamu berhasil memenangkan laga.

Hanya Juventus saja tim tamu yang bernasib sial. Bianconeri takluk 1-2 dari FC Porto.

Sisanya, tim tamu alias para juara grup berhasil memenangkan pertandingan. Dari mulai Manchester City, Bayern Munich, Chelsea, Liverpool, Paris Saint-Germain (PSG), Borussia Dortmund, dan Real Madrid.

Situasi ini tentu saja menguntungkan para juara grup ini leg kedua nanti. Sebab, hasil imbang sudah mengantarkan mereka ke perempatfinal.

Berikut review singkat leg 1 babak 16 besar Liga Champions

1. Borussia Moenchengladbach vs Manchester City
ManCity berhasil menekuk tuan rumah Gladbach 2-0 di Puskas Arena, Budapest, Hungaria. Dua gol The Citizens disumbangkan Bernardo Silva (29') dan Gabriel Jesus (65').

Photo :
  • twitter.com/Bundesliga

Untuk bisa melangkah ke perempatfinal, ManCity hanya perlu hasil imbang di Etihad Stadium, 16 Maret 2021 mendatang. Kekalahan dengan selisih satu gol juga tetap meloloskan The Citizens.

2. Lazio vs Bayern Munich
Bayern tampil digdaya dengan kemenangan 4-1 di Olimpico. Empat gol Die Roten dicetak Robert Lewandowski (9'), Jamal Musiala (24'), Leroy Sane (42') dan bunuh diri Francesco Acerbi (47'). Lazio hanya bisa membalas lewat gol Joaquin Correa (49').

Photo :
  • Twitter: Bayern Munich

Lazio butuh keajaiban untuk melaju ke perempatfinal. Mereka harus menang dengan selisih empat gol. Atau menang 5-2 jika ingin lolos dengan keunggulan gol tandang.

3. Atletico Madrid vs Chelsea
Chelsea menang tipis 1-0 lewat gol Olivier Giroud di menit 68 dalam laga di Arena Nationala, Bucharest, Rumania. Meski berat, Atletico masih punya peluang.

Photo :
  • Twitter: Chelsea

Atletico perlu menang dengan skor 2-1 untuk lolos dengan keunggulan gol tandang. Chelsea tentunya tak akan membiarkan itu terjadi di Stamford Bridge.

4. RB Leipzig vs Liverpool
Liverpool berhasil menang 2-0 di Puskas Arena. Gol-gol The Reds dicetak oleh Mohamed Salah (53') dan Sadio Mane (58').

Photo :
  • Twitter/@LFC

Liverpool di atas angin untuk lolos ke perempatfinal. Asal tak kalah lebih dari selisih dua gol, mereka akan lolos. Leipzig perlu menang minimal 3-1 untuk lolos dengan keunggulan gol tandang.

5. FC Porto vs Juventus
Porto berhasil menjungkalkan Juventus 2-1 di Estadio Do Dragao. Dua gol tuan rumah dicetak Mehdi Taremi (2') dan Moussa Marega (46'). Juve membalas satu gol Federico Chiesa (82').

Photo :
  • twitter.com/juventusfcen

Meski kalah, Juve masih punya peluang membalikkan kedudukan di Allianz Stadium. Menang 1-0 saja sudah cukup untuk lolos dengan keunggulan gol tandang.

6. Barcelona vs Paris Saint-Germain 
PSG menghajar Barcelona di Camp Nou. Kylian Mbappe mencetak hattrick di menit 32, 65, dan 85. Ditambah gol Moise Kean (70'). Barca membalas lewat penalti Lionel Messi di menit 27.

Fans Barca tentunya berharap kejaiban di musim 2016/17 terulang. Mereka berhasil menang 6-1 di Camp Nou usai kalah 0-4 di Parc des Princes.

Photo :
  • /twitter.com/PSG_inside

Namun, kali ini situasi berbeda. Barca harus menghadapi PSG di Parc des Princes di leg 2. PSG juga tentunya tak mau cerita comeback Barca kembali terjadi.

7. Sevilla vs Borussia Dortmund
Dortmund menang 3-2 di Ramon Sanchez Pizjuan. Gol Dortmund dicetak Mahmoud Dahoud (19') dan dua gol Erling Haaland (27', 43'). Sevilla membalas lewat Suso (7') dan Luuk De Jong (84').

Photo :
  • twitter.com/BlackYellow

Dortmund hanya butuh hasil imbang di Signal Iduna Park untuk lolos ke perempatfinal. Sevilla perlu kemenangan dengan selisih dua gol, atau menang dengan skor 4-3 untuk lolos dengan keunggulan gol tandang.

8. Atalanta vs Real Madrid
Madrid berhasil menang tipis di Gewiss Stadium. Gol tunggal Ferland Mendy (86') membuat Los Blancos menang 1-0.

Photo :
  • twitter.com/realmadriden

Tugas Madrid relatif ringan di Estadio Alfredo Di Stefano pada 16 Maret 2021. Armada Zinedine Zidane tinggal memaksakan hasil imbang. Atalanta bisa lolos dengan kemenangan 2-1 dengan keunggulan gol tandang.