Dominasi Klub Premier League di Liga Champions dan Liga Europa

Pemain Arsenal merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@Arsenal

VIVA – Dua klub Premier League dipastikan melaju ke semifinal Liga Europa, Jumat 16 April 2021. Dengan demikian, Premier League menyumbang tim terbanyak di fase ini. Sukses ini melanjutkan dominasi klub Inggris di Liga Champions.

Manchester United lolos ke semifinal Liga Europa usai menggebuk Granada 2-0 di Old Trafford. MU pun lolos ke semifinal dengan agrenat 4-0. Sebelumnya, MU juga menang 2-0 di leg pertama di markas Granada.

Sukses MU diikuti Arsenal yang juga sama-sama mengantongi tiket ke semifinal usai melumat Slavia Praha dengan skor telak 4-0. The Gunners lolos dengan agregat 5-1 setelah di leg pertama mereka hanya bermain imbang 1-1.

Sementara itu, dua tim lainnya yang lolos ke semifinal Liga Europa adalah AS Roma (Italia) dan Villarreal (Spanyol). AS Roma lolos usai mendepak Ajax Amsterdam (3-2). Sementara Villarreal mendepak Dinamo Zagreb dengan agregat (3-1).

Sebelumnya, klub Premier League juga menyumbang wakil terbanyak di semifinal Liga Champions. Dari empat tim yang lolos ke semifinal, Premier League menyumbang dua tim. Yaitu Manchester City dan Chelsea.

ManCity lolos ke semifinal usai menghancurkan Borussia Dortmund. Sementara Chelsea lolos usai menyingkirkan FC Porto. Nasib naas dialami klub Premier League lainnya, Liverpool yang harus tersingkir oleh Real Madrid.

ManCity selanjutnya akan menghadapi Paris Saint Germain. PSG lolos ke semifinal usai mendepak juara bertahan, Bayern Munich. Sedangkan Chelsea akan menghadapi Real Madrid yang membunuh Liverpool di perempatfinal.