Guendogan Berharap Bisa Usir Setan Liga Champions di Piala Eropa 2020

Timnas Jerman merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@DFB_Team_EN

VIVA – Gelandang andalan Manchester City, Ilkay Guendogan, berencana untuk mengubur rasa frustasinya karena kalah di final Liga Champions 2020/2021 untuk membantu Timnas Jerman menemukan performa terbaiknya di Piala Eropa 2020.

Guendogan kalah di final Liga Champions untuk kedua kalinya dalam kariernya saat ManCity dikalahkan oleh Chelsea, dua pekan lalu, lewat gol semata wayang yang dicetak rekan setimnya di Jerman, Kai Havertz.

Kekalahan di Porto itu adalah kekalahan di final Liga Champions yang kedua kalinya bagi Guendogan dalam kariernya. Sebelumnya, Guendogan juga kalah di final Liga Champions ketika mantan klubnya Borussia Dortmund dikalahkan Bayern Munich pada 2013.

Makanya, Guendogan sangat berambisi untuk mengusir setan di final Liga Champions dengan cara mengantarkan Der Panzer meraih prestasi tertinggi di Piala Eropa 2021.

"Tidak mudah kalah dalam pertandingan seperti itu. Kami (ManCity) telah bekerja keras selama satu tahun, bahkan delapan tahun untuk saya pribadi. Saya kalah lagi di final, jadi saya sangat kecewa," kata Guendogan, seperti dikutip France 24, Jumat 11 Juni 2021.

"Namun tetap saja, hidup harus terus berjalan, karena itulah keindahan olahraga yang kompetitif. Sekarang saya fokus pada tugas berikutnya dan saya menantikan turnamen Piala Eropa 2020 meski gagal di Liga Champions," ucapnya.

Lebih lanjut, Guendogan sangat yakin Jerman bisa meraih hasil yang maksimal di Piala Eropa 2020 lantaran skuad besutan Joachim Loew itu diisi oleh pemain-pemain yang berbakat. 

"Memenangkan Liga Champions tentunya memberikan Anda dorongan dan kepercayaan diri, terutama bagi pemain seperti Kai (Havertz), karena golnya akan memberinya kepercayaan yang bisa digunakan untuk tim," ujarnya.

Di Piala Eropa 2020 nanti, Jerman tergabung di Grup F bersama juara Piala Dunia 2018, Prancis, juara Piala Eropa 2016, Portugal, dan salah satu kuda hitam, Hungaria.

Jerman akan membuka perjalanan mereka di Piala Eropa 2020 dengan menghadapi Prancis di Munich, Rabu 16 Juni 2021, dini hari WIB, dan empat hari kemudian mereka akan menjamu Portugal.