Partai Pembukaan Piala Eropa 2020: Timnas Italia Gebuk Turki

Para pemain Timnas Italia merayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2020

VIVA – Partai pembukaan Piala Eropa 2020 atau EURO 2020 mempertemukan Timnas Italia melawan Turki di Olimpico, Roma, pada Sabtu 12 Juni 2021, dini hari WIB. Laga perdana penyisihan Grup A itu berakhir dengan kemenangan yang diraih Italia.

Selepas kick off, Italia yang bertindak sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif pengusaan bola. Namun, rapatnya pertahanan Turki membuat setiap upaya yang dilakukan Italia kerap kandas di tengah jalan.

Praktis, hingga 20 menit pertandingan berjalan, tak ada peluang berbahaya yang diciptakan oleh kedua negara. Baru pada menit 22, Italia memiliki kesempatan emas lewat sundulan Giorgio Chiellini, namun arahnya masih melayang tipis di atas mistar gawang Turki.

Di pengujung babak pertama, Italia nyaris mendapatkan hadiah penalti setelah umpan silang Leonardo Spinazzola mengenai lengan Mehmet Zeki Celik di dalam kotak pertahanan Turki. Akan tetapi, wasit tidak menganggap itu handball, kendati sudah meninjaunya lewat VAR.

Alhasil, hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, kedua masih sama-sama kesulitan mencetak gol. Kedudukan 0-0 pun masih menghiasi papan skor di Olimpico.

Usai jeda, kedua tim sedikit melakukan perubahan. Italia memasukkan Giovanni Di Lorenzo untuk menggantikan Alessandro Florenzi, sedangkan Turki menurunkan Cengiz Under, dan menarik keluar Yusuf Yazici.

Gol yang dinanti Italia akhirnya terwujud saat pertandingan memasuki menit 53. Gol pertama di ajang EURO 2020 kali ini lahir lewat aksi bunuh diri yang dilakukan Merih Demiral setelah salah mengantisipasi umpan silang yang dilepaskan Domenico Berardi.

Italia berhasil menggandakan keunggulan pada menit 66. Adalah Ciro Immobile yang sukses mencetak gol kedua bagi Italia setelah tendangan volinya tak mampu dibendung oleh kiper Turki Ugurcan Cakir.

Belum puas dengan keunggulan dua gol, Italia kembali sukses membobol gawang Turki pada menit ke-79. Kali ini giliran Lorenzo Insigne yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor lewat sontekan mautnya yang tak mampu dimentahkan oleh Cakir.

Dalam waktu yang tersisa, Italia tetap mencari gol tambahan, sedangkan Turki berusaha memperkecil kedudukan. Namun, hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan oleh wasit, skor 3-0 untuk keunggulan Italia tidak berubah.

Atas hasil ini, Italia untuk sementara berada di puncak klasemen Grup A dengan perolehan 3 poin. Sedangkan, Turki berada di dasar klasemen dengan koleksi nihil poin. Laga selanjutnya di Grup A akan mempertemukan Wales melawan Swiss.

Susunan pemain

Turki: Ugurcan Cakir (PG); Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Umut Meras; Okay Yokuslu (Irfan Can Kahveci 65'); Kenan Karaman (Halil Dervisoglu 76'), Ozan Tufan (Kaan Ayhan 64'), Yusuf Yazici (Cengiz Under 46'), Hakan Calhanoglu; Burak Yilmaz.

Italia: Gianluigi Donnarumma (PG); Alessandro Florenzi (Giovanni Di Lorenzo 46'), Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli (Bryan Cristante 74'); Domenico Berardi (Federico Bernardeschi 85'), Ciro Immobile (Andrea Belotti 81'), Lorenzo Insigne (Federico Chiesa 81).