Catatan Impresif Romelu Lukaku, Mesin Gol Sebenarnya

Striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku
Sumber :
  • twitter.com/BelRedDevils

VIVA – Performa Romelu Lukaku bersama Timnas Belgia benar-benar impresif. Catatannya terlibat dalam mencetak gol ke gawang lawan masih yang tertinggi.

Mengutip Opta, sejak Piala Dunia 2018 sampai sekarang, Lukaku telah terlibat dalam 26 gol Belgia. Rinciannya 22 gol dan empat assist.

Jumlah ini menempatkan dia lebih banyak 10 kali dibanding pemain lain dalam tiga tahun terakhir. Menariknya lagi, dia mencatatkan itu dalam 19 penampilan.

Lukaku menambah torehan dua golnya ketika Belgia berhadapan dengan Rusia di Grup B EURO 2020. De Rode Duivels dibawanya menang 3-0 di Gasporm Arena, Saint Petersburg, Minggu dini hari WIB 13 Juni 2021.

Berada di bawah Lukaku ada gelandang Kevin De Bruyne. Dari 12 penampilan, dia terlibat dalam 16 gol Belgia sejak 2018 lalu.

Setelah itu ada striker muda Belgia, Michy Batshuayi dengan 16 keterlibatan dari 15 pertandingan yang dilakoni. Jumlah 15 keterlibatan dalam 16 pertandingan dicatatkan Eden Hazard.

Kesemua pemain masih punya peluang untuk menambah catatan impresifnya tersebut. Karena mereka kini masuk dalam skuad Belgia di EURO 2020.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez memang punya banyak pemain berkualitas. Itu sebabnya mereka jadi kandidat kuat juara EURO 2020.

Di babak kualifikasi, ketangguhan dan ketajaman Belgia sudah teruji. Dalam 10 pertandingan, total ada 40 gol yang disarangkan ke gawang lawan.

Selanjutnya Belgia masih harus menjalani dua pertandingan lagi di Grup B EURO 2020. Denmark dan Finlandia siap memberi adangan kepada mereka.