Profil Timnas Prancis, Monster Turnamen di Balik Ketangguhan Les Bleus

Timnas Prancis saat menghadapi Bulgaria
Sumber :
  • Twitter/@equipedefrance

VIVA – Piala Eropa 2020 akan menjadi pembuktian status jawara dunia Timnas Prancis. Apalagi mereka langsung dihadapkan dengan grup neraka (Grup F), yang dihuni dua tim kuat: Jerman dan Portugal, ditambah Hungaria.

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps telah menggunakan sembilan bulan terakhir untuk mencoba beberapa sistem, tetapi skema lini tengah berlian yang digunakan dalam laga ujicoba melawan Wales tampaknya merupakan formasi yang paling mungkin diterapkan di Piala Eropa 2020.

Formasi ini memungkinkan Kylian Mbappe bermitra dengan Karim Benzema yang dipanggil kembali. Didukung oleh Antoine Griezmann, ketiganya diberikan kebebasan total saat Prancis menguasai bola dalam menggempur lawan.

Kylian Mbappe bakal menjadi kunci untuk Prancis. Penyerang PSG itu lebih senang menghadapi lawan yang lebih baik. Di sela-sela turnamen, Prancis cenderung bertahan di belakang dan lini tengah, sehingga sulit bagi Mbappe untuk menunjukkan kekuatannya.

Tim yang lebih baik akan mencoba bermain dan menguasai bola lebih banyak. Di momen itulah Mbappe muncul dan bisa tampil mematikan saat lawan lengah. Seperti yang sudah ditunjukkan Mbappe di Piala Dunia 2018.

Photo :
  • Marca

Ditambah Prancis dibesut Deschamps yang merupakan monster turnamen. Setelah mengangkat trofi Piala Dunia dan Piala Eropa sebagai pemain, ia kini memiliki kesempatan untuk membuat sejarah dan meraih gelar ganda yang sama sebagai pelatih.

Bisakah Prancis juara Piala Eropa 2020? Tentu saja mereka bisa. Prancis memiliki tim yang lebih kuat sekarang dibandingkan ketika mereka kalah dari Portugal di final Piala Eropa 2016.

Prancis juga memiliki skuad yang tangguh. Tidak ada negara yang bisa menandingi kekuatan skuad Prancis secara mendalam, memberikan Deschamps pilihan pemain di bangku cadangan yang luar biasa.

Skuad Timnas Prancis di Piala Eropa 2020:

Kiper: Hugo Lloris (Tottenham), Steve Mandanda (Marseille), Mike Maignan (Milan)

Bek: Lucas Digne (Everton), Léo Dubois (Lyon), Lucas Hernandez (Bayern), Presnel Kimpembe (Paris), Jules Koundé (Sevilla), Clément Lenglet (Barcelona), Benjamin Pavard (Bayern), Raphaël Varane (Real Madrid) , Kurt Zouma (Chelsea)

Gelandang: N'Golo Kanté (Chelsea), Thomas Lemar (Atlético Madrid), Paul Pogba (Manchester United), Adrien Rabiot (Juventus), Moussa Sissoko (Tottenham), Corentin Tolisso (Bayern)

Penyerang: Wissam Ben Yedder (Monaco), Karim Benzema (Real Madrid), Kingsley Coman (Bayern), Ousmane Dembélé (Barcelona), Olivier Giroud (Chelsea), Antoine Griezmann (Barcelona), Kylian Mbappé (Paris), Marcus Thuram (Mönchengladbach)