8 Fakta Menakjubkan Usai Timnas Ukraina Pecundangi Swedia

Laga Timnas Ukraina vs Swedia di EURO 2020.
Sumber :
  • UEFA.com

VIVA – Terdapat pertarungan sengit tersaji di babak 16 besar EURO 2020. Pertandingan antara Timnas Swedia melawan Ukraina di Hampden Park pada Rabu 30 Juni 2021, dini hari WIB menjadi penutup yang menarik sebelum fase perempatfinal dimulai.

Timnas Ukraina berhasil keluar sebagai pemenang secara dramatis. Pada menit akhir babak perpanjangan waktu, Artem Dovbyk berhasil mencetak gol dan membuat Ukraina menang dengan skor tipis 2-1.

Babak pertama waktu normal berakhir dengan 1-1. Ukraina sempat unggul terlebih dahulu lewat aksi Oleksandre Zinchenko pada menit 22, sebelum dibalas Emil Forsberg di menit 43.

Sejumlah peluang emas banyak tercipat di laga kali ini. Bahkan, Forsberg nyaris mencetak hattrick jika dua tembakannya masing-masing pada ke-56 dan 69 tikda membentur tiang gawang. Hingga akhirnya, skor 1-1 bertahan sampai pertandingan babak kedua selesai.

Pada babak pertama perpanjangan waktu terjadi momen horor yang membuat Swedia harus bermain dengan 10 pemain. Insiden ini melibatkan Marcus Danielson yang harus mandi lebih cepat usai diganjar kartu merah pada menit 99.

Kartu merah itu diberikan karena Danielson melakukan tekel keras terhadap Artem Besedin. Awalnya, wasit hanya memberikan kartu kuning, namun mengubahkan jadi kartu merah setelah meninjau VAR.

Kalah jumlah pemain membuat Swedia cenderung bermain bertahan di sisa waktu yang ada. Hal ini membuat Ukraina kesulitan untuk mencetak gol, kendati mereka unggul jumlah pemain.

Akan tetapi, jelang duel berakhir, Ukraina berhasil mencetak gol penentu kemenangan melalui aksi pemain pengganti, Artem Dovbyk. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Ukraina.

Hasil ini membawa Ukraina untuk pertama kalinya lolos ke perempatfinal EURO sepanjang keikutsertaan mereka. Di perempatfinal, Ukraina akan ditantang Inggris.

Selain beberapa catatan tersebut, masih 8 fakta menakjubkan lainnya usai Ukraina pecundangi Swedia di laga babak 16 besar EURO 2020, seperti dikutip situs resmi UEFA:

1. Ukraina untuk pertama kalinya lolos ke perempatfinal EURO. Satu-satunya perempatfinal yang pernah dirasakan Ukraina di turnamen besar adalah ketika mereka kalah 0-3 dari Italia di Piala Dunia 2006.

2. Gol Artem Dovbyk adalah yang pertama Ukraina setelah mencatatkan tiga penampilan.

3. Dovbyk dan Oleksandr Zinchenko membuat Ukraina telah memiliki lima pemain yang mencetak gol di EURO setelah Andriy Shevchenko, Andriy Yarmolenko, dan Roman Yaremchuk.

4. Ukraina masih menjaga catatan clean sheet mereka di putaran final EURO, dengan setidaknya hanya sekali kebobolan dari sepuluh pertandingan terakhirnya.

5. Zinchenko telah mencetak gol untuk Ukraina dalam tujuh pertandingan terakhir. Dalam tujuh pertandingan itu, Ukraina tidak pernah mengalami kekalahan dengan catatan 6 menang dan 1 imbang.

6. Swedia untuk pertama kalinya kebobolan di babak pertama pada tahun 2021 dalam pertandingan kesembilan mereka.

7. Emil Forsberg adalah pemain Swedia pertama yang mencetak empat gol di satu turnamen EURO.

8. Emil Forsberg telah menyamai rekor gol nasional Tomas Brolin dalam tiga pertandingan putaran final EURO secara berturut-turut untuk Swedia.