13 Fakta Mengesankan Timnas Inggris Usai Permak Habis Ukraina

Para pemain Timnas Inggris merayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2020

VIVA – Timnas Inggris akhirnya berhasil melangkahkan kakinya ke semifinal EURO 2020 usai mencukur habis Ukraina di laga perempatfinal. Dalam duel yang digelar Olimpico, Roma, Italia, pada Minggu 4 Juli 2021, dini hari WIB, Inggris menang dengan skor 4-0.

Adapun gol-gol kemenangan Inggris diciptakan oleh Harry Kane (4' 50'), Harry Maguire (46'), dan Jordan Henderson (63'). Di semifinal nanti, Inggris akan berjumpa dengan Denmark.

Hasil ini sekaligus menjadikan Inggris sebagai satu-satunya tim yang belum kebobolan di ajang EURO 2020. Dari lima laga yang sudah mereka lakoni, gawang Jordan Pickford belum jebol sama sekali.

Selain catatan mentereng tersebut, masih ada 13 fakta mengesankan lainnya usai Timnas Inggris permak habis Ukraina, seperti dikutip situs resmi UEFA:

1. Ini adalah kemenangan paling telak yang diraih Inggris di EURO. Kemenangan terbesar mereka sebelumnya terjadi saat unggul 4-1 atas Belanda di EURO 1996 dan 3-0 atas Swiss di EURO 2004.

2. Ini adalah pertama kalinya Inggris mencetak empat gol dalam pertandingan di fase gugur turnamen besar sejak kemenangan 4-2 melawan Jerman Barat di final Piala Dunia 1966.

3. Ini adalah ketiga kalinya Inggris mencetak empat gol dalam pertandingan putaran final EURO. Sebelumnya, mereka mencetak empat gol saat menang 4-1 atas Belanda di EURO 1996 dan menang 4-2 atas Kroasia di EURO 2004.

4. Inggris belum pernah kebobolan di EURO 2020. Mereka sebelumnya tidak pernah memulai putaran final turnamen besar dengan lima clean sheet berturut-turut.

5. 24 gol terakhir Harry Kane untuk Inggris semuanya terjadi dalam pertandingan kompetitif.

6. Kane adalah pemain pertama yang mencetak dua gol untuk Inggris dalam pertandingan fase gugur EURO, dan pemain Inggris pertama yang mencetak dua gol dalam satu pertandingan putaran final EURO sejak Wayne Rooney melakukan ke gawang Kroasi pada 2004.

7. Inggris telah mencetak gol dalam lima menit awal pada empat dari enam pertandingan fase gugur putaran final EURO terakhir mereka.

8. Inggris telah menjadi tim pertama yang mencatatkan lima clean sheet beruntun sejak awal putaran final EURO. Spanyol memang mencatatkan lima clean sheet beruntun juga pada 2012, tapi hanya dari pertandingan kedua mereka dan seterusnya.

9. Harry Maguire mencetak gol keempatnya untuk Inggris dan yang kedua turnamen besar setelah dia menciptakan gol ke gawang Swedia di ajang Piala Dunia 2018.

10. Jude Bellingham telah menjadi pemain termuda yang tampil dalam pertandingan fase gugur EURO pada usia 18 tahun empat hari.

11. Ukraina hanya gagal mencetak gol dalam dua dari 11 pertandingan internasional terakhir mereka. Selain itu, mereka juga belum mencatatkan clean sheet dalam 11 pertandingan putaran final EURO.

12. Ini adalah pertandingan perempatfinal keempat Inggris di putaran final EURO. Dalam tiga laga perempatfinal sebelumnya, Inggris harus menyelesaikan melalui drama adu penalti untuk menentukan hasil akhirnya (1996 menang atas Spanyol, 2004 kalah dari Portugal, dan 2012 kalah dari Italia).

13. Tidak termasuk adu penalti, Inggris hanya kalah satu kali dari 16 pertandingan putaran final EURO terakhir mereka dengan catatan 9 menang, 6 seri, dan 1 kalah.