Spanyol Cenderung Butuh Adu Penalti Buat Kalahkan Italia

Timnas Italia
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Timnas Italia memiliki rekor bagus menghadapi Timnas Spanyol dalam sebuah turnamen. Italia akan kembali menghadapi Spanyol di semifinal Piala Eropa 2020 yang akan dilangsungkan di Wembley, Selasa 6 Juli 2021.

Dilansir Football Italia, Minggu 4 Juli 2021, termasuk laga ujicoba, maka duel nanti akan menjadi pertemuan ke-38 buat kedua tim. Dengan perincian 13 kemenangan untuk Spanyol, 11 untuk Italia dan 13 sisanya berakhir imbang.

Keseimbangan juga terlihat dalam jumlah gol, karena masing-masing tim sama-sama mencetak dan kebobolan 51 gol. Pertemuan terakhir mereka adalah kualifikasi Piala Dunia 2018. imbang 1-1 di Italia dan kalah 3-0 di leg kedua.

Namun, saat di sebuah turnamen, gambarannya terlihat sedikit lebih meyakinkan bagi Azzurri. Italia menang tiga kali, imbang tiga kali dan kalah tiga kali. Tetapi hanya satu kemenangan Spanyol yang dipetik di waktu normal.

Kemenangan Spanyol atas Italia di waktu normal hanyalah saat mereka menang 4-0 di final Piala Eropa 2012. Selain itu, Spanyol menang atas Italia lewat adu penalti di semifinal Piala Konfederasi 2013 dan perempat final Piala Eropa 2008.

Sementara Italia berhasil menaklukkan Spanyol saat mereka menang 2-0 di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Dua gol kemenangan Italia dibukukan Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle.

Namun mungkin pertemuan yang paling diingat adalah perempatfinal Piala Dunia 1994. Saat gol Dino Baggio dan gol telat Roberto Baggio memastikan kemenangan 2-1 Azzurri atas Spanyol.

Pelatih Spanyol saat ini, Luis Enrique juga dipastikan mengingat kenangan kelam ini dengan baik, karena hidungnya patah akibat sikutan Mauro Tassotti dalam pertandingan itu.