6 Fakta Menarik Inggris Vs Denmark

Pertandingan Timnas Denmark vs Inggris
Sumber :
  • twitter.com/England

VIVA Timnas Inggris akan menghadapi Timnas Denmark di semifinal Piala Eropa 2020 yang akan berlangsung di Stadion Wembley, Rabu 7 Juli 2021 (Kamis dini hari WIB). Pertahanan solid Inggris bakal diuji ledakan dinamit Denmark.

Sejumlah fakta menarik pun tercipta jelang kedua tim berduel. Berikut ini 6 fakta menarik kedua tim:

Kedua negara sudah 23 kali bertemu sebelumnya. Inggris menang 13 kali, Denmark hanya menang lima kali. Sementara enam sisanya berakhir imbang.

Ini pertemuan kedua mereka dalam putaran final Piala Eropa setelah Piala Eropa 1992 di Malmo yang berakhir 0-0 dalam fase grup. Inggris gagal lanjut ke fase grup, Denmark lolos sebagai runner up Grup 1 untuk akhirnya menjuarai turnamen ini setelah menaklukkan Jerman 2-0 dalam final.

Pertemuan kedua mereka dalam turnamen utama terjadi pada Piala Dunia 2002 ketika Rio Ferdinand, Michael Owen dan Emile Heskey membawa Inggris menang 3-0 atas Denmark dalam babak 16 besar.

Salah satu dari empat kemenangan Denmark dalam pertandingan resmi melawan Inggris terjadi dalam UEFA Nations League pada 14 Oktober 2020 ketika gol semata wayang Christian Eriksen membuat mereka menang 1-0 di Stadion Wembley. Sebelum gol itu Harry Maguire mendapatkan kartu merah. Sebelumnya pada 8 September 2020 di Stadion Parken di Kopenhagen, kedua tim sama kuat 0-0.

Kemenangan Oktober 2020 itu adalah kemenangan ketiga Denmark di kandang Inggris dan yang kedua di Wembley setelah September 1983 ketika tendangan penalti Allan Simonsen memenangkan Denmark 1-0. Akibat jauh dari laga ini, Denmark lolos putaran final Euro 1984 sementara Inggris terhenti.

Kedua negara juga berada dalam satu grup babak kualifikasi Piala Eropa 1980 tapi kedua pertemuan mereka dalam fase ini menjadi milik Inggris karena menang 4-3 di Kopenhagen dan menang 1-0 di Wembley. (Ant)