Kontroversi Timnas Spanyol di Olimpiade, Panggil 6 Skuad EURO 2020

Gelandang Timnas Spanyol, Pedri Gonzalez
Sumber :
  • twitter.com/SeFutbol

VIVA – Timnas Spanyol U-23 bisa dibilang sebagai kandidat kuat juara di Olimpiade 2020. Pelatih Luis de La Fuente memanggil sederet pemain bintang dalam daftar 22 skuadnya.

Yang paling mencolok, terdapat enam pemain yang sebelumnya tampil di EURO 2020. Mereka adalah Pedri Gonzalez, Unai Simon, Eric Garcia, Pau Torres, Mikel Oyarzabal dan Dani Olmo.

Selain itu, masih ada duo Real Madrid, Dani Ceballos dan Marco Asensio. Spanyol jelas menjadi ancaman serius untuk semua lawan. Spanyol tergabung di Grup C bersama Argentina, Australia dan Mesir.

"Para pemain ini datang dengan motivasi tinggi, dengan pengalaman yang sangat banyak," jelas De La Fuente dilansir Goal.

Namun, pemanggilan ini jelas menimbulkan kontroversi. Pedri yang baru saja terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik EURO 2020, bakal dilanda kelelahan.

Betapa tidak, pemain 18 tahun ini tampil dalam 66 pertandingan secara maraton di musim 2020/21, bersama klub dan negaranya. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman mengecam pemanggilan ini.

"Dia (Pedri) bermain hampir di semua pertandingan di musim domestik dan baru saja bermain setiap menit di EURO 2020. Hanya istirahat empat hari lalu terbang ke Jepang untuk bermain di Olimpiade, tidaklah ideal. Itu terlalu banyak," kata Koeman.

"Ini hanya pendapat pribadi. Tapi, buat saya Olimpiade tergolong atletik dan olahraga lain, bukan sepakbola. Setidaknya ini yang saya pikirkan," lanjut pelatih asal Belanda ini.

Koeman tak bisa berbuat banyak. Sebab, undang-undang di Spanyol mewajibkan setiap klub melepas pemain ke Olimpiade.

Spanyol berambisi merebut medali emas Olimpiade usai tersingkir di semifinal EURO 2020. Mereka baru sekali menjuarai Olimpiade, yakni pada 1992 saat berstatus tuan rumah.