Rangking FIFA Terbaru: Inggris Naik ke Posisi 3, Indonesia Turun

Logo di markas FIFA
Sumber :
  • Eurosport

VIVA – Timnas Inggris naik ke posisi tiga dalam peringkat FIFA terbaru per tangga 16 September 2021. Mereka naik satu strip dari peringkat FIFA bulan sebelumnya, yakni Agustus 2021.

Timnas Belgia tetap menempati posisi teratas dalam peringkat FIFA terbaru. Mereka telah menduduki posisi tersebut sejak 2018, meski gagal memenangkan turnamen internasional dalam perjalannya.

Kebangkitan Inggris di peringkat FIFA karena turunnya posisi Timnas Prancis, yang saat ini berada di urutan keempat. Sebelum EURO 2020, Prancis masih berada di urutan kedua. Tapi, di turnamen itu, Prancis harus tersingkir di babak 16 besar.

Kemudian, Les Blues bermain imbang dengan Ukraina dan Bosnia-Herzegovina selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada awal bulan ini. Hasil itu membuat posisi mereka dikangkangi oleh Timnas Brasil dan Inggris.

Meski Timnas Italia berhasil memenangkan EURO 2020, mereka hanya berada di posisi kelima dalam peringkat FIFA terbaru. Sedangkan, juara Copa America 2021, Argentina berada di urutan keenam.

Timnas Portugal dan Spanyol saling bertukar tempat di peringkat ketujuh dan kedelapan. Sementara itu, Timnnas Meksiko menduduki peringkat kesembilan, dan Denmark melengkapi posisi 10 besar peringkat FIFA September 2021.

Praktis, dalam susunan 10 besar, ada 7 tim Eropa. Sedangkan, hanya ada tiga negara yang berasal dari luar Eropa.

Di sisi lain, Timnas Libya menjadi salah negara yang mengalami peningkatan peringkat terbesar. Mereka naik 12 tingkat, dan sekarang berada di urutan ke-110.

Keberhasilan Libya naik peringkat secara drastis akibat dua kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Angola dan Gabon.

Sementara itu, dalam peringkat FIFA terkini, Indonesia berada di peringkat ke-175. Itu artinya, Indonesia turun satu strip dari posisi sebelumnya, yaitu peringkat 174.