Lionel Messi Tak Pantas Raih Ballon d'Or karena Hal Ini

Striker PSG, Lionel Messi rayakan gol ke gawang Manchester City.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reuters-Gonzalo Fuentes/hp.

VIVA – Megabintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi masuk dalam daftar 30 pemain nominasi pemenang Ballon d'Or tahun ini.

Messi menjadi salah satu favorit untuk memenangkan penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepakbola itu untuk yang ketujuh kalinya.

Beragam modal mendukung pemain berusia 34 tahun itu. Pertama, dia menjadi pencetak gol terbanyak di LaLiga 2020-2021 dengan koleksi 30 gol meski gagal membawa Barcelona juara.

Kedua, adalah keberhasilannya membawa Argentina juara Copa America 2021. Gelar tersebut sekaligus memutus dahaga La Pulga untuk merasakan juara bersama Tim Nasional di level senior.

Meski demikian, Eks bintang Prancis Frank Lebouef menilai Messi tak pantas memenangi Ballon d'Or 2021 karena sesuatu hal.

Frank Lebouef yang juga pernah memperkuat Chelsea pada 1996-2001 menyebut Messi tidak seharusnya mendapatkan penghargaan prestisius tersebut. 

Sebab, Messi pernah mendapatkan kartu merah usai meninju pemain Athletic Bilbao Asier Villalibre di Piala Super Spanyol pada Januari lalu.

Frank Lebouef pun mengingatkan insiden Piala Dunia 2006 lalu, ketika Zinedine Zidane mendapatkan kartu merah lantaran menanduk dada Marco Materazzi. 

Karena hal itu, Zidane urung mendapatkan Ballon d'Or meski telah tampil apik sepanjang tahun. Jadi Messi pun seharusnya diperlakukan sama.

"Di 2000 dan 2006, Zidane tidak memenangi Ballon d'Or karena dia mendapatkan kartu merah di masing-masing tahun," kata Lebouef dikutip Sportbible.

"Messi mendapatkan kartu merah di Piala Super Spanyol karena memukul seseorang, itu seharusnya dihitung. Kalau kita tidak memberikan Ballon d'Or kepada Zizou, kita juga tidak seharusnya memberikannya kepada Messi," sambungnya.

Messi Tak Pilih Diri Sendiri

Sebelumnya, Messi menyatakan tak mau memilih dirinya sendiri dalam pengumpulan suara nanti. Ya, Messi memang memiliki hak suara karena statusnya sebagai kapten tim nasional Argentina.

Megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi

Photo :
  • twitter.com/Argentina

Pemain 34 tahun itu mengaku, akan memilih dua rekannya di PSG yakni Neymar dan Kylian Mbappe. 

Messi juga mengisyaratkan bahwa dirinya juga mempertimbangkan untuk memilih bomber haus gol Bayern Munich, Robert Lewandowski dan Karim Benzema dari Real Madrid.

“Di tim saya (PSG), ada dua yang akan saya pilih dengan mudah mereka adalah Neymar dan Kylian Mbappe," kata Messi kepada France Football.

"Dan kemudian, Robert Lewandowski, yang menjalani tahun yang luar biasa. Ada juga Karim Benzema, yang luar biasa. Kami tahu bahwa gelar juga penting," sambungnya.